hit counter
ADFLY


Ternyata transfer Uang antar Bank BRI dikenai Biaya

Selama ini saya berpikir bahwa transfer uang sesama bank merupakan layanan yang gratis. Kita bisa dengan mudah memindahkan uang dari rekening satu ke rekening lain tanpa harus dikenai biaya (selama masih bank yang sama). Oleh karena keyakinan itulah, kedua Bank yang saya gunakan (BRI dan BNI), saya gunakan dengan bebas tanpa saya bedakan, sebab saya berpikir bahwa kedua bank tersebut sama baiknya. Namun akhirnya keyakinan saya buyar, karena ternyata BRI mengenakan biaya untuk transfer ke sesama.

Selama ini saya tidak pernah menyadari bahwa transfer uang antar sesama BRI dikenai sejumlah biaya. Oleh sebab itulah saya tidak pernah mempermasalahkan besar kecilnya uang yang saya kirim. Tidak pernah mempermasalahkan seberapa sering transfer uang dilakukan. Tidak juga terlintas, apakah lebih baik mengirim uang melalui bank lain. Sebab saya berpikir bahwa semuanya memang gratis.

Awal mula saya menyadari bahwa transfer uang antar sesama BRI dikenai biaya adalah ketika kondisi rekening saya cukup limit di awal Januari lalu. Saya ingin mengambil 50.000 dari tabungan saya untuk keperluan sehari-hari. Sementara sisanya ingin saya masukan ke saldo bukalapak agar bisa saya gunakan sewaktu-waktu untuk berbelanja. Semuanya sudah saya perhitungkan dengan baik. Saya punya saldo 233.669 (hanya 183.669 yang bebas digunakan). Saya berniat memindahkan uang sekitar 132.000 ke bukalapak sementara 50.000 ingin saya tarik tunai sehingga jika dijumlahkan semuanya hanya 182.000, yang artinya masih cukup sisa untuk biaya SMS banking dan kode unik dari bukalapak.

Nasib buruk, ternyata perhitungan saya meleset. Setelah mengirim uang ke bukalapak, ternyata saya gagal menarik tunai. Saldo yang tersisa saat itu ternyata Rp 99.877 (hanya 49.877 yang bisa digunakan). Saldo tersebut lebih kecil dari yang saya perkirakan, sehingga saat itu saya sadar ada sesuatu yang aneh. Ada sejumlah biaya yang tidak saya hitung, yang kemudian saya curigai sebagai biaya transfer. Berikut adalah rincian transaksi saat itu, berdasarkan BRI Internet banking :
Transaksi BRI Bulan Januari
Dari rincian transaksi di atas, dapat kita lihat bahwa BRI memang mengambil biaya sebesar Rp 750 untuk transfer ke sesama BRI. Nilai yang sebenarnya cukup besar, sebab jika digabungkan dengan biaya SMS banking, maka total dana yang saya buang pertransaksi mencapai Rp 1.250.

Bagi saya pribadi, Biaya transfer antar sesama bank BRI sangatlah mengecewakan. Bukan hanya karena nilainya yang lumayan besar, tetapi juga karena kurangnya sosialisasi dari bank BRI terkait hal tersebut. Seharusnya hal seperti ini disiarkan lewat media massa seperti Televisi, Koran, dll agar seluruh masyarakat khususnya nasabah Bank BRI bisa mengetahui hal ini.

Kekecewaan yang saya alami ini pada akhirnya membuat saya sedikit malas untuk melakukan transaksi di Bank BRI bahkan saya sempat terpikir untuk meninggalkan bank berplat merah ini. Saya mulai jarang mengisi tabungan, saya jarang melakukan transfer, yang pada akhirnya rekening tersebut hanya digunakan untuk menerima dan menarik dana saja.

Biaya-Biaya untuk Transaksi Bank BRI
Jika kita menyempatkan diri untuk mengunjungi blog-blog tetangga. Kejadian seperti yang saya alami ternyata tidak hanya terjadi pada saya. Banyak para blogger yang mengeluhkan tabungan di rekening mereka terkuras, berkurang cukup banyak oleh biaya biaya yang asing bagi mereka. Bukan hanya biaya transfer ke sesama, tetapi juga biaya biaya lain yang ternyata lumayan beragam. Berikut adalah biaya-biaya transaksi Bank BRI :




2 Responses to "Ternyata transfer Uang antar Bank BRI dikenai Biaya"

  1. saya memang pernah merasa curiga. tp tidak ada tindak lanjut. thanks ifo nya gan. biar saya pastikan dulu nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kang.. Lumayan itu kang 750 perak juga. hehe.. Padahal sedekah 1000 perak aja kadang kita berat kan.. :(

      Kalau sampai 100x transfer aja udah nyampai 75 Ribu. Bisa buat makan anak kos selama seminggu...

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya