hit counter
ADFLY
ADFLY


Pengalaman membeli Jam tangan di tokoonline Bukalapak

Seminggu ini saya sedikit greget untuk membeli sebuah jam tangan baru. Jam tangan terakhir yang saya gunakan, pada akhirnya tumbang setelah berkali-kali terkena hujan. Harus di akui bahwa selama ini, ketika mengendarai sepeda motor, saya memang sering tak sempat untuk melepas jam tangan saat datang hujan. Alhasil, semua jenis jam tangan yang pernah saya beli di kaki lima, bahkan yang bertuliskan water resist 3 atm, mati.

Jam Tangan New Time Water Resist 3atm

Berbelanja Langsung Ke Toko Versus Belanja Online
Ketika saya bermain di ITC kebon kalapa, bandung. Saya tertarik untuk membeli sebuah jam tangan Digitec type 2020. Disana, Pedagang jam tersebut mengklaim bahwa jam digitec ini bisa bertahan hingga tekanan 10 Bar, atau setara dengan kedalaman 100 meter (di air yang tenang), Bisa digunakan dalam kondisi hujan, mandi dan berenang. Ditambah dengan masa garansi selama 1 tahun, membuat jam tangan ini terlihat benar-benar sangat menggiurkan. Hanya saja, bagi saya (saat ini) jam tersebut masih terasa cukup mahal, karena harga yang ditawarkan setelah proses tawar menawar, mentok di 170ribu. Budget saya belum cukup, dalam artian saya butuh banyak uang untuk keperluan yang lain.

Jam Tangan Digitec 2020
Jam Tangan Digitec 2020

Jika dibandingkan dengan harga jam tangan Digitec 2020 di bukalapak. Harga yang ditawarkan oleh berbagai toko online sebenarnya cukup beragam. Mulai dari 140ribu hingga 200ribuan. Dimana jika diperhatikan kembali, kebanyakan pedagang online pada umumnya menawarkan harga 150 ribu. Hanya saja, meskipun menawarkan harga yang lebih murah, kebanyakan toko online ini tidak menawarkan garansi yang cukup bagus. Paling mentok, beberapa toko online hanya menawarkan garansi hingga 6 bulan saja. Jadi, jika dihitung dengan biaya pengiriman, pertimbangan kualitas dan garansi, membeli jam tangan secara langsung, sebenarnya saya pikir lebih menjanjikan.

Kali Ini belanja Online Menang
Setelah mempertimbangkan berbagai hal, pada kesempatan kali ini, akhirnya saya memilih untuk berbelanja secara online. Namun dengan pilihan berupa Digitec tipe lain yang memiliki harga lebih murah. Dari berbagai jam tangan yang tersedia secara online, salah satu yang saya lirik adalah Digitec tipe 2049 dari toko online Top Brand, yang menawarkan harga Rp 100.000.

Jam Tangan Digitec 2049
Jam Tangan Digitec 2049
Alasan kenapa saya memilih toko online ini adalah karena dia menawarkan harga yang paling murah. Menawarkan garansi selama 6 bulan, Memiliki feedback yang positif, login dan transaksi terakhir terjadi pada waktu yang belum lama (toko aktive), serta dia juga membalas pesan yang saya kirimkan. Satu-satunya Hal yang menjadi masalah adalah, Top Brand ini sepertinya merupakan toko online baru di bukalapak, dia baru memiliki beberapa puluh feedback saja. Tapi pada akhirnya saya tetap mempercayakan untuk membeli online disini. Entah.

Proses Belanja Online
Cara membeli barang di tokoonline Bukalapak
Berbeda dengan toko online gerakan bawah tanah seperti yang biasa dijumpai di FB. Berbelanja secara online di bukalapak merupakan belanja yang aman, sebab uang yang digunakan dalam transaksi ini tidak langsung diterima oleh penjual. Namun di tahan terlebih dahulu di rekening milik bukalapak. Ketika barang sampai kepada pembeli dan barang dalam kondisi baik (pembeli tidak komplain), maka uang baru akan dikirimkan oleh bukalapak kepada penjual/toko/pelapak bersangkutan. Berikut ini adalah langkah-langkah detail bagaimana cara saya membeli barang (jam tangan) di toko online bukalapak :

Pembelian Online
Setelah kita memiliki akun bukalapak, alangkah lebih baik jika kita mengisi identitas diri dengan lengkap, terutama Nama,  alamat, dan nomor HP. Alamat yang sudah terisi membuat kita mudah dalam memeriksa estimasi biaya pengiriman. Sebab mau tidak mau, mungkin kita akan sering sekali memeriksa estimasi biaya pengiriman dari berbagai toko. Jika kita tidak memiliki alamat di profil kita, maka kita akan selalu mengisi data saat kita klik di estimasi biaya kirim.
Harga dan Stok barang
Detail Barang, Perkiraan biaya pengiriman, dan feedback

Saat kita mencari barang yang kita inginkan. Jangan lupa Pastikan bahwa stoknya tersedia. Lihat juga detail barang dan syarat pelapak, biaya pengiriman yang harus kita tanggung, kualitas feedback dari pembeli lain, serta jangan lupa cek juga kapan terakhir penjual itu online. Jika perlu, kita bisa mengirimkan pesan melalui menu "Tinggalkan Pesan" untuk menanyakan lebih lanjut tentang barang yang ingin kita beli. Jika semua berjalan cukup baik, kita bisa membeli dengan klik BELI. Sehingga kita akan diminta untuk melengkapi identitas kita sebagai pembeli.

Identitas Pembeli

Kita bisa mengisikan catatan untuk pelapak, terkait dengan warna barang dan lain-lain. kemudian jika sudah selesai kita bisa klik "LANJUT" Sehingga kita akan di bawa kepada pilihan metode pembayaran. Pilihan metode pembayaran ini sangat beragam, namun saya sendiri lebih suka dengan metode transfer lewat bank.

Contoh Metode Pembayaran

Setelah memilih jenis metode pembayaran yang kita inginkan, kita akan mendapatkan semacam faktur pembelian, yang berisi nomor transaksi serta jumlah uang yang harus kita kirimkan ke rekaning bukalapak.

Biaya Final yang harus dibayar

Pembayaran Via ATM
Dari sekian banyak Bank yang di tawarkan, pada akhirnya saya memilih membayar menggunakan ATM BNI. Uang yang harus saya kirimkan adalah sebesar 111.033, dimana uang tersebut harus dikirimkan dalam waktu 1x10 jam. Angka 033 dibelakang, merupakan angka unik yang mempermudah sistem bukalapak untuk mengenali transaksi di rekening mereka. Jika dipikir, mungkin nilai tiga angka dibelakang tersebut juga merupakan komisi/keuntungan untuk bukalapak untuk setiap transaksi yang terjadi.

Untuk lebih mempermudah bukalapak dalam melakukan pengecekan, kita juga bisa memasukan nomor transaksi yang kita peroleh (gambar di atas), ketika mesin ATM menanyakan nomor berita. Namun yang perlu ditegaskan disini adalah, ini hanya asumsi saya saja. Sebab kalian perlu tahu bahwa saya tak pernah membaca ketentuan khusus dari bukalapak, dimana bukalapak meminta kita untuk melakukan hal ini. Tapi saya benar-benar melakukanya. Saya memasukan No transaksi di atas, ketika mesin ATM menyanyakan nomor berita.

Status Sudah Dibayar

Dan begitulah, setelah melakukan pembayaran. Dalam beberapa menit saja, secara otomatis detail transaksi yang saya miliki, berubah status menjadi sudah dibayar. status dibayar ini mengartikan bahwa bukalapak sudah mengakui bahwa sudah ada uang yang mereka terima dari kita. Selebihnya mereka kemudian menghubungi penjual (pelapak) untuk mengemas dan mengirimkan barang yang kita beli. Status uang sendiri masih berada di rekening bukalapak, dan baru akan penjual terima ketika barang sudah sampai di tangan kita (pembeli), tentunya dalam kondisi barang yang baik (tak ada komplain dari kita).

Jam Tangan Sampai di Tujuan
Ketika belanja online di bukalapak ini, saya memesan pada hari senin sekitar pukul 06.00 Pagi, membayar sekitar pukul 07.00 Pagi. Namun barang dari Top Brand ini dikemas dan dikirim dari agen JNE tanggerang sekitar pukul 16.20 Sore. Memang rasanya cukup lama. Namun selama pengiriman barang masih di bawah 24 Jam, sebenarnya sudah cukup bagus sebagai sebuah toko online.
Baca : Cara melacak kiriman barang via JNE

Setelah melewati masa pengiriman yang panjang. Akhirnya kurang dari 3 hari, barang sudah sampai di tangan saya di kota bandung. Jam tangan yang saya pesan sampai di kota bandung (kontrakan saya) pada hari kamis sekitar pukul 14.30 Sore. Kondisi barang sendiri lumayan bagus, dalam artian sesuai dengan apa yang saya perkirakan.
Baca : Kiriman Barang dari JNE akhirnya sampai di tujuan

Jangan Lupa Beri Konfirmasi dan Ulasan di Bukalapak
Setelah barang yang kita beli dari bukalapak kita terima. Salah satu hal yang wajib kita perhatikan adalah kita perlu memberikan konfirmasi ke bukalapak, bahwa barang sudah kita terima. Hal ini penting bagi pelapak (yang jual barang) sebab uang yang kita kirim ke rekening bukalapak, hanya bisa di cairkan oleh pelapak apabila barang sudah benar-benar sampai di pembeli (kita). Untuk mengetahui barang sudah diterima pembeli atau belum, sebenarnya bukalapak memiliki beberapa metode, diantaranya adalah laporan dari kita (pembeli) dan laporan dari jasa pengiriman barang. Tapi untuk beberapa kasus, terkadang ada masa masa dimana jasa pengiriman lupa mengubah status barang yang mereka kirim menjadi "Delivered", padahal barang yang mereka antar sudah diterima alamat tujuan (pembeli/kita). Tentu hal ini akan merepotkan Penjual.

Tampilan Transaksi yang Selesai

So, Bagi kalian yang membeli barang di bukalapak, sempatkanlah memberikan konfirmasi ke bukalapak, agar pelapak tidak kerepotan mencairkan uang yang memang hak mereka. Jangan lupa juga memberikan feedback tentang kepuasan kita juga ulasan terhadap pelapak bersangkutan. Demikian artikel hari ini, terimakasih sudah membaca.


0 Response to "Pengalaman membeli Jam tangan di tokoonline Bukalapak"

Post a Comment

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya