hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara melacak Kiriman Barang Via JNE

Seperti yang sudah saya ceritakan pada artikel sebelumnya, yaitu cara belanja online di bukalapak. Saat ini saya sedang menanti sebuah jam tangan yang dikirimkan oleh salah satu toko online di bukalapak. Jasa pengiriman yang digunakan dalam transaksi jual beli online yang saya gunakan kali ini adalah JNE, dengan paket JNE berupa JNE Reguler. Jika kalian belum memahami apa itu JNE Reguler, mungkin kalian harus membaca terlebih dahulu perbedaan nya dengan paket JNE yang lain :
  1. JNE YES (Yakin Esok Sampai)
    Paket JNE YES adalah paket dari JNE dengan jaminan bahwa barang sampai pada ke esokan harinya, atau bisa dikatakan dengan maksimal 24 Jam. Namun tetap tergantung juga dengan lokasi tujuan. Tidak semua alamat tujuan di dukung oleh layanan JNE YES ini.
  2. JNE REG (Reguler)
    Paket JNE REG adalah paket JNE dimana barang yang dikirimkan akan sampai dalam waktu 2 atau 3 hari kerja, tergantung dari alamat Tujuan.
  3. JNE OKE (Ekonomi)
    Paket JNE OKE adalah paket JNE dimana barang akan sampai dalam waktu 4 Hingga 7 hari kerja, tergantung dari alamat Tujuan.
  4. JNE CTC (City To City)
    Paket JNE CTC adalah paket JNE yang biasanya khusus untuk pengiriman intra kota yang masih berada dalam satu kawasan. Proses pengiriman 1-2 hari kerja.

Melacak kiriman Barang JNE dengan Nomor Resi
Ketika kita melakukan pengiriman barang menggunakan JNE. Salah satu hal paling penting adalah nomor resi pengiriman barang. Nomor Resi ini biasanya terdiri dari 13 digit angka (Connote) atau 16 Digit huruf dan angka (E-Connote). Dari gambar dibawah, bisa kalian lihat bahwa saya mendapatkan nomor Resi ini di akun bukalapak, kurang lebih sekitar pukul 22.10 malam.

Nomor Resi JNE

Nomor Resi yang kita peroleh dari JNE (dari pengirim/pelapak) bisa kita gunakan untuk melacak status barang yang bersangkutan. Kita cukup memasukan nomor resi JNE yang kita miliki ke situs resmi JNE, di kolom lacak (Trace & Tracking), kemudian pilih Tracking.

Lacak Nomor Resi JNE

Setelah kita membuktikan bahwa kita bukan robot, dan menekan kembali tombol tracking. Maka kita akan mendapatkan sebuah tabel sederhana terkait status barang yang sedang dikirimkan. Sampai sini kita sebenarnya sudah dapat menyimpulkan bahwa pelapak/toko online sudah benar-benar mengirimkan barangnya. Ada sebuah paket yang sedang dikirimkan atas nama kita.

Lacak Nomor Resi JNE

Jika ingin melihat informasi lebih detail, pada kolom No. AWB yaitu nomor Resi JNE, kita sebenarnya bisa klik kembali. Jika kita klik nomor resi tersebut, maka kita akan memperoleh informasi yang lebih kompleks. Contohnya saja, saya jadi bisa tahu bahwa pelapak/tokoonline itu ternyata mengirimkan paketnya di JNE sekitar pukul 16.20 dari daerah tanggerang.

Lacak Nomor Resi JNE

Status Barang Kiriman Via JNE
Dari informasi di atas, bisa kita lihat bahwa status barang yang pelapak kirimkan via JNE, masih berstatus "On Process". Status On Process ini mengartikan bahwa barang sedang dalam pengiriman dari lokasi JNE asal (pengirim), menuju ke kota tujuan (penerima). Selain on process, terdapat pula berbagai status JNE lain. Status-status JNE yang lain diantaranya adalah sebagai berikut :

Status
Keterangan
Manifest
Barang baru didaftarkan di agen JNE asal pengiriman
On-Process
Barang sedang dalam proses pengiriman / dalam perjalanan
On-Transit

Barang sedang transit di agen JNE di kota yang tertera
Received On Destination

Barang telah sampai di agen kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan
Delivered
Barang telah diterima di alamat yang dituju
Criss Cross
Barang tertukar
Cnee Unknown
Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
AU to OPS
Antar ulang atau serah terima dari bagian yang menangani kiriman yang bermasalah, ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang, ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
AU (Antar Ulang)
Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
Redelivery/RD
Barang diantar ulang
BA (Bad Address)
Alamat tidak lengkap atau kurang jelas
MR (misroute)
Salah antar, salah kirim, salah jalur, atau salah alamat
Closed Once Delivery Attempt
Kurir telah datang, tetapi rumah atau alamat penerima sedang tutup atau kosong
TH (Not At Home?)
Penerima tidak ada di rumah (sedang keluar)

Alur Pengiriman Barang Via JNE
Untuk lebih memahami status pengiriman barang yang saya jelaskan di atas. Sebaiknya kita juga memahami bagaimana alur pengiriman barang yang dilakukan oleh JNE. Silahkan perhatikan alur berikut ini dan bandingkan dengan tabel di atas.

Alur Proses Pengiriman Barang via JNE
Alur Proses Pengiriman Barang via JNE


Demikianlah artikel sederhana dari saya hari ini, terkait dengan cara melacak kiriman barang via JNE. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat. Semoga jam tangan nya cepat sampai. dan jangan lupa, tinggalkan komentar di bawah jika anda berkenan. Haha
Baca : Kiriman barang dari JNE Akhirnya sampai di Tujuan


0 Response to "Cara melacak Kiriman Barang Via JNE"

Post a Comment

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya