hit counter
ADFLY
ADFLY


Kenapa Saya Berpikir Survei Online YouGov Penipuan

Berawal dari kunjungan ke salah satu blog tetangga, yaitu portal-uang, saya menemukan sebuah artikel menarik tentang survei online (yougov). Di sana, segala hal tentang survei online dan yougov di bahas dengan sangat baik dan terus terang membuat saya tertarik untuk mencoba. Apalagi kemudian ketika saya mencoba mencari tahu apakah situs yougov ini merupakan salah satu situs scam (penipuan) atau bukan, ternyata hal yang saya temukan benar-benar bersih. Tidak ada satu pengguna internetpun yang mengeluhkan bahwa situs ini scam, justru lebih banyak ditemukan situs-situs yang mengungkapkan cara pendaftaran serta lampiran bukti pembayaran dari yougov.
Situs Resmi : Yougov

Pendaftaran Yougov
Tidak ditemukannya bukti/laporan scam (penipuan) dari situs ini membuat saya pada akhirnya tertarik untuk mendaftar pada akhir desember 2015 yang lalu. Kemudian mulai melakukan survei selamat datang (welcome survey) dan memperoleh beberapa ratus poin. Setelah melakukan survei selamat datang,  di katakan bahwa hal yang harus kita lakukan berikutnya hanyalah menunggu survei datang.

Indikasi Scam (Penipuan)
Dari sumber bacaan saya, dikatakan bahwa biasanya setiap satu hari akan ada beberapa survei yang bisa kita kerjakan. Tapi pada kenyataan nya, berdasarkan apa yang saya alami, ternyata sangat jarang sekali undangan survei dari yougov itu datang (awal-awal sih sering). kadang seminggu sekali bahkan bisa sampai sebulan sekali. Itupun tentu dengan poin yang hanya senilai 25 sampai 100 poin saja, atau senilai 0,12 sampai 0,5 USD. Jadi, kesimpulannya adalah, ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar bisa Payout dari Yougove. Sebab nilai withdraw dari yougov adalah 5000 Poin atau senilai 25 USD.

Aktivitas Akun Yougov

Terkait dengan frekuensi undangan survei dari yougov ini, sumber bacaan saya mengatakan bahwa kita bisa melakukan beberapa tips dalam mengikuti survei online agar kita lebih sering memperoleh undangan survey. Beberapa Tips tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Selalu isi survey dengan sungguh-sungguh. Walaupun jawabannya Anda tidak tahu, namun di usahakan Anda terlihat serius mengisi survey agar terlihat relevan dengan topik survey tersebut.
  2. Usahakan jangan terlalu cepat mengisi survey. Jangan asal klik selanjutnya.
  3. Diusahakan, setelah menerima email. Anda langsung mengisi, walaupun sebenarnya tidak ada kata terlambat mengisi survey. Namun lebih cepat Lebih Baik.
  4. Setelah Anda bisa ke tiga hal diatas. Survey akan datang sering sekali kepada Anda. Karena YouGov beranggapan Anda orang yang cocok memiliki kredibelitas dalam mengisi survey.
Tapi dari pengalaman saya, dalam mengikuti survei ini, sebenarnya tips-tips tersebut tidak terlalu bekerja (tidak bekerja). Bisa kalian lihat pada gambar, bahwa survei terakhir yang pernah saya isi adalah sekitar akhir Februari.

Aktivitas Yougov

Jadi, sampai tahap ini, sebenarnya yang saya maksud sebagai penipuan adalah bukan dari situs yougovenya, melainkan dari sumber-sumber bacaan yang saya baca. Terkait dengan penipuan atau tidaknya situs yougov itu sendiri, saya masih belum punya hak untuk menilainya, sebab saya tidak pernah mencapai 5000 poin.

Benarkah Yougov Membayar
Karena saya belum pernah mencapai 5000 poin dari situs ini, saya tidak bisa mengatakan apakah situs ini benar-benar membayar atau tidak. Tapi jika kita asumsikan bahwa orang-orang yang mengaku menerima pembayaran dari Yougov ini benar-benar menerima pembayaran, maka pertanyaan berikutnya yang perlu kita teliti adalah darimana mereka memperoleh poin hingga mereka bisa mencapai poin 5000 hanya dalam beberapa  minggu?
Paypal dari Yougove
Sebenarnya jawaban paling memungkinkan adalah karena, mereka memperoleh poin dari jalan lain, yaitu dari mengajak orang lain untuk mendaftar di yougov. Setiap orang yang mendaftar di yougove hingga menyelesaikan beberapa survei (selain survei selamat datang). Mereka yang mengajak akan meperoleh poin tambahan senilai dengan 200 poin atau sekitar 1 USD. Jadi, jika ada 25 orang saja mendaftar dan menyelesaikan survey selamat datang melalui link yang dia berikan, maka dia bisa mencapai 5000 poin.

Kesimpulan Terakhir
Menurut saya pribadi, survei online ini sangat tidak menjanjikan. Jelas sangat sulit mengumpulkan dolar dari situs ini. Kecuali tentunya, jika kita bisa mengajak banyak orang untuk mendaftarkan diri di situs ini. Tapi saran saya, sebaiknya jangan. Tulislah dan ceritakan kenyataan serta ajaklah orang lain jika itu memang sesuatu yang baik. Jika tidak, maka jangan.

Bagaimana dengan kalian, apakah pengalaman kalian bersama survey online dari yougove ini seperti pengalaman yang saya alami? Silahkan berikan komentar kalian. Tapi tolong jangan ngebully saya, sebab disini saya hanya berusaha menyampaikan fakta (pengalaman) yang saya alami.

30 Responses to "Kenapa Saya Berpikir Survei Online YouGov Penipuan"

  1. hay gan salam kenal saya fandy saya adalah salah satu member Yougov, yang emang masih belum pernah payout sih, cuma nih mumpung belum saya membuang waktu buat situs ini mohon pencerahannya apakah emang bener gan kalo emang surver di Yougov itu emang sulit, ya emang cari duit susah sih hehehe cuma apakah jaran gbanget kita mendapatkan survey dari situs itu gan..

    makasih banyak yah gan atas informasinya dengan begini saya bisa tau dan pastinya antisipasi lagi gan..

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau bertolak dari pengalaman saya pribadi sih memang demikian bang. Sangat jarang sekali kita (saya) memperoleh undangan survey dari situs ini... ^_^

      Delete
  2. saya aja udah 1 tahun lebih baru 2000 poin gan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh... kita senasib berarti kang. hehe :)

      Delete
  3. Dari Legit menjadi Sulit.
    Pada awalnya YouGove memang cukup legit dengan membayar para membernya yang sudah mencapai poin tertentu yang cukup sulit diperoleh karena untuk mendapatkan nilai minimum tersebut Yougove mengendalikan sepenuhnya jumlah poin pencapaian member. Saat mendekati nilai minimal untuk redeem Yougove bisa menghentikan kiriman bahan survey ke member tersebut atau menghentikan survey yang sudah ada menjadi kadaluarsa sehingga tidak bisa diisi. Begitulah YouGove saat ini, ditambah masih banyaknya member yang sudah mencapai nilai minimal untuk redeem yg kalimnya saampai saat ini belum terbayar, dan ini jumlahnya cukup banyak diseluruh dunia. YouGove mulai kesulitan sepertinya dan kini Yougove diambang sebagai Scammer saja. Lihat link situs member anda, hampir tidak ada informasi apapun yang menguatkan posisi kita sebagai member tetapi hanya menonjolkan link untuk kita mereferensikan ke orang lain, ini artinya hanya menguntungkan Yougove secara langsung sementara member hanyalah menjadi alat penarik trafic situsnya. Berpikir dua kali atau lebih untuk menjadi member YouGove saat ini, wasting time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih kang untuk pengalamannya. Saya juga sebenarnya memikirkan bahwa ada kecurangan-kecurangan terkait survei. Sebab ya itu tadi, dari pengalaman saya, saya bahkan tidak pernah mendapat undangan survei hingga berbulan-bulan. Dari situ saya juga memikirkan, takut kalau seandainya poin sudah mendekati minimal withdraw, terus gak dikasih-kasih survei. kalau sampai hal itu terjadi, kita yang cuma sebagai member memang gak bisa ngapa ngapain.

      Delete
  4. Saya juga daftar Yougov dan udah dapet poin 5495. Poin yang saya dapat dari pengisian survei dan dari mengajak orang lain utk bergabung melalui referal saya.

    Yang saya heran kan adalah sekarang ini saya sudah memenuhi persyaratan penukaran poin dengan SG$25, tapi setelah saya klik opsi penukaran ternyata loadingnya lama banget dan bahkan gak jalan sama sekali.

    Saya mulai negthink aja jangan2 yougov lagi diujung tanduk dan patut dicurigai scam. Saya sudah menghubungi CS pihak yougov via email dan sampe sekarang gak ada balasan sama sekali. Bingung jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pengalamannya menarik sekali kang. Sangat berharga lah bagi kita-kita yang cuma di point kurang dari seribuan. hehe
      Ini akang point 5000 itu, untuk pertama kali kan kang? jadi emang dari awal daftar yougove juga belum pernah ngerasain dolar nya? Sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda bisa Pay Out?

      Delete
    2. Iya saya dapet poin 5000 an baru pertama kali dan belum pernah payout. Pas liat poin segitu saya langsung buru2 nukerin ke dollar. Pas saya klik proses penukaran, eh malah loadingnya gak jalan.

      Saya juga berbagi info ini ke rekan lain yang udah ngerasain dollar yougov, ternyata poin yang saya dapat itu kebanyakan hasil dari rekrut member baru via jl of. Nah, ternyata lagi pihak yougov bakal mem-blacklist membernya yang promote link referalnya di blog.

      Namun saya cek ketentuan maupun persyaratan yang ada di yougov, larangan dan batasan media promosi khususnya via jl of itu tidak ada sama sekali. Di sini letak keganjelannya. Larangan kok gak dicantumkan. Padahal saya udah diambang payout.

      Saya memang promote di blog saya berhubung saya juga menggeluti blogging. Daripada nganggur ya saya promosi aja di situ.

      Alhasil, semuanya sia sia broo. Akun saya disuspend. Semoga ini menjadi pengalaman berharga buat saya dan bagi yang lain agar lebih berhati2 dalam mengikuti program survei online.

      Delete
    3. Yah, sepertinya itu cuma akal akalan mereka aja ya gak kang. Hehehe.. Cuma cari cari alasan. Sekarang sih mungkin yang pentigh mah ini kang, ngerubah artikel di blog akang. Artikel nya di ubah, biar gak ada yang daftar yougov. Kan kasian kalau mereka yang baca blog akang pada ngedaftar.. :)

      Delete
  5. Saya sudah gabung di yougov hampir 2 tahun. Poinnya mentok sampai 4530. dan gak pernah dapet survey lagi sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yang saya takutkan dari dulu kang. Takut gak dikasih-kasih survey lagi. Kalau gak dikasih survey, ya kita dapat point darimana lagi ya gak? hehe
      Masa iya harus ngajak orang daftar yougove, lah kita aja mikir yougove itu spam..

      Delete
    2. sama berarti. buang2 waktu saja itu situs

      Delete
  6. aku udah berhasil dpat 5000 poin bulan juli kemarin setelah 2 tahun,tp dollarnya belum masuk juga ke paypalku sampai sekarang.Padahal poinku udah kepotong tuh. udah hub,CS ,balasannya cuma suruh baca FAQ doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti emang di yougove ini kagak bisa payout ya. Kata kang haris munandar di komentar atas juga kan dia susah pay out.

      Delete
  7. selamat sore jelang malam..aku cuma mau kasih info nih...
    ternyata hari ini aku udah dpt reward dari you gov SGD$25..yeeeyy....waktunya emang sebulan mungkin ya....
    aku seneng ternyata YouGov bukan scam,jadi semangat lagi nih isi surveynya...
    semoga temen" juga cepat dapat rewardnya ya...salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat ya kang... Semoga temen-temen yang lain juga bisa segera di bayar. kalau boleh tanya.. Yang masuk kepaypal itu (25 SGD-Dolar Singapur)itu berapa USD kang? apakah sama 25 USD atau lebih kecil yang masuk ke paypal?

      Delete
    2. kan di konversikan berdasarkan kurs USD sekarang..1 SGD$ =RP 9815 x SGD$25 = Rp 245375
      1 USD =13000 jadi msk ke paypal sekitar 18 USD lebih deh

      Delete
  8. saya juga sudah menukar 5000poin dari bulan lalu tgl 26 Juli, tapi sampai sakarang belum ada pembayaran dari Yougov. Sudah ditanyain ke CS tapi belum dijawab sama sekali. Poin dikumpulin lebih dari setahun tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal udah sebulan lebih berarti ya... Sabar aja teh.. Mungkin yougov emang sudah mulai scam.. Itu 5000 poin dari survei semua atau dari refferal?

      Delete
  9. saya sudah widraw 1 bulan lebih, nggak di bayar sampai sekarang, waduh apes apes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kita cape-cape berlama-lama ngisi survei dan mikir ya bang... Kuota juga habis.. Hehe
      Sabar aja bang... Semoga hak kita yang telah direnggut oleh mereka, diganti dengan sesuatu yang lebih baik oleh tuhan.... :D

      Delete
  10. SCAM bro, saya udah redeem sejak tanggal 2 september 2016 sampai sekarang gak dikirim.
    tentang survey: setelah redeem gak ada survey sama sekali, jadi sudah 1 bulan gak ada survey.
    Mulai sekarang jangan buang-buang waktu dengan YouGov.
    masih banyak yg lain sperti GTM (terbukti membayar bahkan tepat waktu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kang.. lebih baik jangan buang buang waktu buat Yougov... Saya juga bulan ini udah beberapa kali dapat email undangan survei.. Aku abai in terus. Udah males survei survei an.. :D

      Delete
  11. ya niii gannn aku juga..nii baru dua hari daftar dri yougov,,dan udah di kasi survey pas sudah selesai isi quesioner malah yang muncul survey sudah di tutup,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm.. biasanya mah kalau survei udah di tutup itu. pemberitahuan nya di awal-awal isi survei atau udah di hapus di menu survei tersedia nya. Hehe
      Sabar teh.. Padahal udah cape-cape.. ^_^
      Mungkin mending jangan mainan Yougov lagi teh. Soalnya banyak yang ngasih testimoni (komentar) kalau Yougove ini mulai Scam..

      Delete
  12. Ia saya rasa juga scam ni yougove mas..saya baru menukar 5rbu poin dri bln tgl 2 septmber 2016 sampai sekrng gda masuk dollr nya di paypal saya..udh 2 taon jga ngisi survey yougove tu..

    ReplyDelete
  13. mending MOBROG deh, udah terbukti bisa payout kalo udah USD 6.25
    atau AIP Indonesia yang bisa ditukar ama voucher

    ReplyDelete
  14. saya baru mulai gabung Yougov dan sudah mengisi survey awal, setelah membaca artikel ini saya putuskan untuk tidak melanjutkan, karena kesimpulannya survey ini hanya buang2 waktu saja. Mksh informasinya boss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pilihan yang bijak kang. hehe
      Daripada saya, berhenti pas poin udah ribuan :D
      Ya maksud saya, cape gituu..

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya