hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara menarik Dolar dari rekening Paypal ke Bank Lokal Indonesia

Pertengahan oktober lalu, saya membutuhkan uang tambahan karena saya sedang menginginkan sesuatu. Ada hal yang ingin saya beli, dan kebetulan uang dalam rekening Bank saya sedang tidak cukup banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk menarik dolar dari rekening paypal ke rekening bank lokal yang saya gunakan. Di rekening paypal tersebut ada beberapa puluh dolar. Lumayan sebagai uang tambahan.

Nah, pada kesempatan ini. Saya ingin berbagi pengalaman tentang cara menarik dolar dari rekening paypal ke Bank lokal indonesia. Serta berbagi beberapa informasi-informasi lain terkait dengan paypal yang mungkin akan berguna untuk anda.


Status Akun Paypal Belum Terverifikasi
Sebelumnya, mungkin anda harus mengetahui bahwa status akun paypal yang saya gunakan untuk menarik dolar dari rekening paypal adalah "Belum terverifikasi". Saya belum memiliki kartu kredit, karena seperti halnya anda, kita memang belum benar-benar membutuhkannya. Saya juga tidak tertarik membeli akun VCC. karena jika anda tahu, penggunaan VCC sebenarnya hanyalah penipuan. Memasukkan VCC ke akun paypal mengartikan bahwa kita mengatakan kepada paypal bahwa kita memiliki kartu kredit. Sehingga kelak, jika paypal meminta bukti kepemilikan kartu kredit seperti Foto scan kartu atau semacamnya, kita akan kerepotan karena kenyataannya kita memang tidak memegangnya.

Jika anda bertanya bisakah kita memverifikasi akun paypal menggunakan bank lokal atau kartu debit. Jawabanya akan beragam tergantung waktu. Karena kebijakan paypal cukup sering berubah. Hanya saja, setahu saya, saat ini kedua cara itu sudah tidak bisa digunakan lagi. Satu-satunya cara memverifikasi akun paypal adalah dengan kartu kredit.

Limit Paypal akun belum terverivikasi

Akun paypal yang belum terverifikasi, tetap bisa melakukan penerimaan, pengiriman serta penarikan ke bank lokal seperti halnya akun terverifikasi. Hanya saja akun paypal yang belum terverifikasi memiliki jumlah limit penarikan setiap bulannya. Sampai November tahun ini, kebijakan paypal mengatakan bahwa limit penarikan dari akun paypal belum terverifikasi adalah sebesar 10.000 USD. Jadi, kita hanya bisa menarik dolar maksimal 10.000 USD saja setiap bulannya.  Bagi saya, 10.000 USD adalah jumlah yang sangat besar. Dan saya sendiri memang tidak pernah memiliki dolar sebanyak itu di rekening paypal saya.

Hal Penting sebelum Melakukan Penarikan Ke bank Lokal
Nama Pengguna
Hal lain yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin menarik dolar dari rekening paypal ke bank lokal adalah "Nama". Nama yang kita gunakan di rekening paypal dan Nama pemilik rekening Bank yang menjadi tujuan haruslah nama yang sama. Jika nama yang digunakan di indikasikan sebagai nama yang berbeda. Maka uang tidak akan bisa dikirim, dan dolar akan dikembalikan kembali ke akun paypal yang kita miliki. Tentu dengan potongan beberapa puluh ribu rupiah (Rp 50.000). 

Saya sendiri pernah memiliki peristiwa yang cukup unik tentang nama. Saya tidak tahu apakah sebenarnya ini bukan masalah ataukah sebuah masalah. Jadi, dahulu nama yang saya gunakan di rekening paypal adalah nama saya yang sesungguhnya "Mahfudin Rahman Ginanjar". Hanya saja, entah kenapa setiap saya memperoleh email dari paypal, nama yang mereka gunakan untuk menyapa saya adalah "Mahfudin Ginanjar Rahman". Saya cukup khawatir apakah ini akan di anggap sebagai orang yang berbeda jika kelak saya menarik dolar ke Bank lokal. Sehingga pada akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan perbaikan nama, dengan mengirimkan data diri berupa scan KTP dan SIM yang saya miliki ke CS paypal.
Baca :

Memasukan data Bank Lokal ke Paypal
Selain nama, mungkin hal yang cukup menarik untuk kita bicarakan adalah tentang bagaimana memasukan rekening ke akun paypal yang kita miliki. Di berbagai blog kalian akan memperoleh informasi yang beragam. Saya sendiri sempat pusing untuk menentukan informasi dari blog mana yang harus saya ikuti.

Untuk memasukan data bank lokal, kita bisa melakukannya pada menu profile kemudian pilih submenu Tambah/Edit rekening. kemudian anda cukup memasukan data-data rekening sesuai yang anda miliki.

Menambah Rekening ke Paypal

Negara dan nama isikan sesuai data diri anda. Sementara nama bank dan kode bank Silahkan saja anda klik pada lingkaran merah "Apakah ini". 

Contoh Nama dan kode bank

Beberapa blog mengatakan bahwa kode bank berupa 7 angka tersebut jangan kita inputkan mengikuti apa yang disarankan paypal. alasannya karena 4 angka dibelakang kode tersebut menunjukan kode daerah bank pusat. Bukan kode daerah bank tempat kita membuka rekening. sehingga mereka meminta kita Ambil 3 angka depan dan 4 angka belakang dari nomor rekening milik kita. Karena jika tidak, uang tidak akan bisa dikirim. Hanya saja, saya sendiri sebenarnya tidak setuju dengan hal tersebut.

Tentu ada alasan mengapa paypal memberikan ketujuh-tunjuhnya angka kode bank tersebut. Bukan hanya memberi 3 angka depan saja. Alasan tersebut adalah karena sepengetahuan saya bank pusat sendiri akan meneruskan pengiriman ke bank daerah tempat kita membuka rekening. Jadi, tidak ada masalah jika kita mengambil ketujuh angka yang diberikan paypal. Saya sendiri pun mengambil ketujuh angka tersebut ketika menambahkan rekening bank BRI saya ke paypal.


Cara menarik Dolar dari rekening Paypal ke Bank Lokal Indonesia
Jika nama dan data bank yang kita masukan di akun paypal sudah benar. maka kita sudah siap untuk melakukan penarikan dolar dari rekening paypal ke rekening bank lokal yang kita miliki. Untuk melakukan penarikan kita bisa klik menu tarik. kemudian pilih opsi tarik dana ke rekening bank anda. Penarikan ini sendiri akan dikenai biaya sebesar Rp 16.000 jika kita menarik dana kurang dari Rp 1.500.000. Sementara jika kita menarik dana lebih dari nilai itu, maka kita tidak akan dikenai potongan alias gratis.

Menu Tarik Dana

Pada halaman ini Kita bisa menentukan berapa dolar dari rekening paypal yang akan kita tarik ke bank lokal, serta rekening bank yang mana yang akan kita gunakan sebagai penerima. Saya sendiri saat itu memiliki saldo sekitar 43 USD. Sehingga saya hanya menarik sebesar 41 USD saja ke Rekening Bank BRI yang saya miliki. lebih baik menyisakan beberapa dolar daripada mengosongkan rekening paypal. Karena mengosongkan rekening lebih tampak seperti tindakan mencurigakan. Apalagi jika seandainya akun paypal kita merupakan akun baru yang masih hitungan bulan.

Tentukan Jumlah Dolar

Nilai Tukar Rupiah di paypal sedikit lebih kecil dari harga dolar seharusnya, di hari itu. Misalnya saja di hari saya menukarkan dolar, harga dolar sekitar Rp 13.6**. Sementara, nilai tukar rupiah dari paypal saat itu hanya Rp 13.448. Sehingga nilai 41 USD yang saya tarik hanya senilai dengan Rp 551.395 saja.

Konvertor mata Uang

Jumlah penarikan yang saya lakukan kurang dari 1,5 Juta, jika diukur dalam rupiah. Sehingga dalam melakukan penarikan tersebut saya dikenai biaya penarikan sebesar Rp 16.000.-. Bisa anda lihat pada rincian penarikan dibawah ini.

Detail Penarikan

Akan memerlukan waktu sekitar 2-4 hari kerja agar uang dari paypal bisa masuk ke rekening bank lokal yang kita miliki. Saya sendiri saat itu melakukan penarikan di hari kamis siang, dan uang dari paypal masuk ke rekening BRI saya di hari senin sekitar pukul 10 Pagi. Jumlah yang saya terima di bank adalah tepat sama seperti rincian di atas yaitu sebesar 535.396 Rupiah.


15 Responses to "Cara menarik Dolar dari rekening Paypal ke Bank Lokal Indonesia"

  1. thanks gan infonya..

    ReplyDelete
  2. Kang, akun yang belum diferivikasi memangnya aman saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih aman aman aja kang. Sepemahaman saya sih, Yang penting jangan membuat aktivitas-aktivitas mencurigakan. Seperti :
      menerima kiriman senilai ratusan atau ribuan dolar. tentu pihak paypal juga merasa aneh juga kan. Jika bisa terima uang segede itu, kenapa bikin kartu kredit aja kagak sanggup. Mereka kan bakal mikir kalau itu uang gelap.
      Kalau cuma terima recehan-recehan beberapa dolar atau beberapa puluh dolar mah aman.

      Menarik dolar ke bank lokal jangan di tarik semua, sisain beberapa dolar. Ditarik semua tanpa sisa, kesan nya kaya paypal tuh apa gitu.

      Intinya sih. Jangan bohong lah ke paypal. kalau gak punya kartu kredit ya bilang aja gak punya. Gak usah VCC-VCCan buat ngebohongin mereka.

      Delete
  3. setelah saya widraw kok di saldo paypal saya tidak ada peningkatan... masih tetap. apa butuh berapa hari untuk memwindraw ke akun paypal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa saldo paypal malah harus meningkat? Ya harusnya kan saldo paypalnya turun.. ini kan ceritanya mau narik saldo di paypal ke bank lokal. :D

      Delete
  4. Maaf mas, mau tanya, jadi kalau misalnya pengen buat akun rekening online tidak harus punya kartu kredit atau apalah itu jenisnya ya. Misalkan hanya punya rekening BRI apajuga bisa, terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Gak punya kartu kredit juga bisa kalau mau bikin rekening online mah. Gak punya rekening bank juga bisa bikin. Bank mah perlu kalau uang dari rekening online nya pengen di tarik aja.

      Delete
  5. Sya kmren tanggal 5 agustus withdraw dr paypal ke rek BRI saya dn ini bru prtma sya withdraw, kteranganx uang masuk rekening skitar 2-4hr kerja jatuhx tgl 10 agustus, td malem (tgl 7) iseng2 buka akun paypal trnyata withdraw saya statusx 'tuntas/complete' tp sya cek rekening sya lewat mobile bangking kok uang blom masuk k rekening....itu gmn y gan? Ap msh dlam prosea y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih biasanya setelah withdraw di paypal, gak buka buka paypal lagi. cuma nunggu uang masuk rekening aja. Jadi, mengenai perubahan status di paypal dll, saya kurang begitu memperhatikan... Hehe..
      Jadi, coba Tunggu aja kang sampai 10 Agustus. kan disuruhnya juga 2 sampai 4 hari kerja.

      Delete
  6. kalo baru buat paypal dan belum verifikasi, apa sudah langsung bisa untuk narik uang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal narik dolar ke bank itu 10 USD kang. Jadi asalkan dolarnya sudah lebih dari 10 USD mah bisa. Saya juga akun belum terverifikasi ko. Tapi yang penting sih mungkin kalau narik, jangan sampai di 0 kan. Sisain aja minimal 1 atau 2 dolar. Agak Lebih banyak sisa, ya mungkin bagus.

      Delete
  7. Alo mas sy bru punya akun paypal tpi dah lama tidak pernah di pakai dan bru beberapa hri yg lalu dipakai untuk menerima transfer uang dri eropa, tpi sy bingung saat mau tarik uang, pas login ke akun paypal saya disitu muncul saldo tertunda butuh beberapa hari untuk bisa menarik tertunda, mohon penjelasannya, trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang.. untuk akun yang baru (belum pernah atau baru beberapa kali dipakai transaksi). ketika menerima uang, dana nya memang di set sebagai saldo tertunda dulu. jadi perlu beberapa hari sampai uang bisa ditarik.

      Sepertinya itu di buat untuk menghindari transaksi ilegal (misal pencurian dana). Sehingga jeda beberapa hari itu, di buat untuk memastikan apakah transaksi tersebut benar-benar valid. Tidak ada pihak yang komplain (mempermasalahkan) dan mungkin indikator-indikator lain.

      Setelah akang punya 5 atau 10 kali transaksi valid. Akun akang akan lebih terpercaya di mata paypal. Saldo tertunda ini tidak akan muncul lagi, dan akang bisa menarik langsung meski saldo tersebut baru masuk di akun akang.

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya