hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara mudah mengganti .blogspot.com menjadi domain .com di Niagahoster

Dalam mengembangkan sebuah website yang lebih profesional kita memerlukan domain yang lebih profesional. Domain-domain ini beragam jenisnya dan dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu Root Level Domain, Top Level Domain (TLD), Second Level DOmain, dan third level Domain. Salah satu yang paling terkenal dan mungkin paling sering anda lihat pastinya domain .com yang merupakan salah satu jenis domain dari tingkatan domain TLD. Domain-domain ini bisa diperoleh di situs-situs penyedia domain dengan gratis maupun berbayar, misalnya saja situs niagahoster.



Harga-harga domain yang ditawarkan di niagahoster sangat murah jika dibandingkan penyedia domain yang lain. Hal ini saya lihat dari harga domain .com dan beberapa domain lain yang memang kebetulan saya cek harganya. Sementara untuk beberapa domain lain, kurang saya perhatikan, karena di situs ini sayangnya memang tidak tersedia tabel daftar harga domain. Sehingga kita harus cek satu persatu ketika kita ingin mengetahui masing-masing harga domain di niagahoster.

Cara mudah mengganti .blogspot.com menjadi domain .com di Niagahoster
Domain-domain yang kita beli dari situs penyedia domain dan hosting, bisa kita gunakan sebagai alamat web dari hosting yang kita miliki, maupun sebagai pengalih alamat seperti halnya mengalihkan alamat blog kita  di blogspot. 

Jika kita ingin mengubah alamat blog kita di blogspot, sehingga blogspot.com menghilang dan digantikan dengan domain lain semisal .com. Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memiliki domain .com terlebih dahulu. Untuk panduan bagaimana membeli domain di niagahoster bisa anda baca pada artikel saya yang lain : Membeli domain di niagahoster. Setelah kita memiliki domain yang kita inginkan, maka langkah berikutnya cukup melakukan beberapa pengaturan di akun blogspot yang kita miliki dan beberapa pengaturan di akun niagahoster yang sudah kita beli. Saya sendiri lebih suka menyebut langkah-langkah ini sebagai tiga langkah besar, karena memang ada tiga langkah besar yang harus kita lakukan untuk melakukan pengaturan. Berikut adalah  langkah detail bagaimana mengganti domain blogspot.com menjadi domain .com di niagahoster.

Masuk Ke Pengaturan Blogspot
Masuk ke pengaturan blogspot adalah langkah pertama yang harus kita lakukan setelah kita membeli domain. Pada tahap ini kita bertujuan untuk memperoleh kode CNAME dari blog blogspot yang kita miliki, untuk kemudian kode-kode tersebut di masukan ke pengaturan domain  dari penyedia domain yang sudah kita percayai. Untuk memperoleh kode CNAME blog blogspot yang kita miliki, kita harus menuju Submenu "dasar" pada menu "setelan". perhatikan Gambar berikut :


Pada kolom penerbitan, klik link bertuliskan siapkan URL pihak ketiga. Kemudian masukan nama domain yang sudah anda beli pada kolom yang muncul. Kemudian klik simpan.


Setelah anda klik simpan, maka akan muncul pesan kesalahan. Sementara di bagian bawah akan muncul kode CNAME blog blogspot yang kita miliki. Kode inilah yang nanti akan sangat kita butuhkan di penyedia domain yang kita pilih.



Melakukan Pengaturan di Penyedia Domain Niagahoster
Hal-hal yang perlu kita atur di penyedia domain adalah Nameserver, DNS, serta CNAME Record yang sebelumnya sudah kita peroleh di blog blogspot yang kita miliki. Untuk mengatur beberapa pengaturan tersebut, silahkan anda login (masuk) ke akun niagahoster yang anda miliki. Pilih menu "produk & layanan" kemudian pilih "kelola" domain yang anda miliki.


Klik pada menu DNS Management. Lalu anda klik menu "Add New Record". Pada tahap ini kita akan menginputkan 4 buah IP Blogspot (IPV4) dan juga 2 buah kode Cname Record.


Isi Record Type dengan "A Record", Domain di isi dengan "@", TTL di isi dengan "14400" sementara alamat di isi dengan beberapa IP blogspot berikut ini, yang di masukan satu persatu : "216.239.32.21" "216.239.34.21" "216.239.36.21" "216.239.38.21" Jadi pada tahap ini anda melakukan empat kali penginputan dengan IP yang berbeda-beda setiap kali penginputannya.



Setelah kita selesai menginputkan ke empat IP di DNS Record, hal yang kita lakukan adalah memasukkan kode-kode CNAME yang dimiliki oleh blog blogspot kita. jika pada DNS Record kita memasukan hingga 4X, maka pada tahap ini kita melakukakn dua kali penginputan.

CNAME Pertama :

  • Record Type (pilih) : Cname
  • Domain (diisi) : www
  • Alamat (diisi) : ghs.google.com
  • TTL : 14400


CNAME Kedua :

  • Record Type (pilih) : Cname
  • Domain (diisi) : 2orl7p6hjpg
  • Alamat (diisi) : gv-4gsxy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com
  • TTL : 14400

Domain dan alamat yang diisi di atas hanyalah contoh. Gunakanlah domain dan alamat blog blogspot anda sendiri. Karena setiap blog memiliki kombinasi yang berbeda. setelah semua keperluan DNS Management di isi akan kita peroleh gambaran seperti berikut :


Setelah DNS Record dan CNAME selesai, maka hal berikutnya yang harus kita atur adalah Nameserver. Klik pada menu Nameserver kemudian pastikan bahwa nameserver yang domain kita miliki sudah seperti berikut :
Nameserver 1 : clie398657.mars.orderbox-dns.com
Nameserver 2 : clie398657.earth.orderbox-dns.com
Nameserver 3 : clie398657.venus.orderbox-dns.com
Nameserver 4 : clie398657.mercury.orderbox-dns.com



Jika DNS record, CNAME dan Nameserver sudah di atur, maka kita sudah siap untuk kembali ke submenu "dasar" di setelan blogspot yang kita miliki.

Kembali ke Pengaturan Blogspot
Setelah kita selesai melakukan berbagai pengaturan di niagahoster, maka kita perlu kembali ke pengaturan blogspot yang kita miliki. Hal yang perlu kita lakukan sebenarnya sama saja seperti apa yang kita lakukan sebelumnya di tahap pertama, yaitu memasukan nama domain yang sudah kita beli di submenu dasar di menu setelan blogspot, kemudian klik simpan. Nah, pada tahap ini, kita tidak akan menemukan pesan kesalahan seperti sebelumnya.



Setelah domain anda bisa tersimpan dengan baik, maka langkah tambahan yang harus anda lakukan adalah cek apakah URL blog anda bisa diakses dengan baik. Ketikan URL blog anda dengan nama domain baru anda tanpa embel-embel blogspot.com. Coba gunakan domain baru tersebut dengan dan tanpa www di depannya. Jika anda mengalami eror ketika mengetikan tanpa www, silahkan baca artikel saya yang lain di : Mengatasi Error 404


Baca Juga :

Tambahan :
Ini adalah artikel Review. Segala hal, akibat baik maupun buruk yang ditimbulkan dari artikel ini bukan menjadi tanggung jawab blog pelajarterbaik. 

9 Responses to "Cara mudah mengganti .blogspot.com menjadi domain .com di Niagahoster"

  1. Info anda bermanfaat gan, sudah muter-muter coba pengaturan ga berhasil, akhirnya dapet panduan agan, jadi bisa juga akhirnya pengalihan www.gizhiu.com, terima kasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kang. Terima kasih kembali.... ^_^

      Delete
  2. Sangat bermanfaat gan. Namun ane mengalami kendala saat input new record tidak bisa di save gan. jadi tidak bisa menuju tahap selanjutnya. Monta solusinya gan. terimakasih.

    ReplyDelete
  3. kesalahan di blog gan .Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14. itu gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kurang merhatiin saya kang apa itu kesalahan 14. Kode-kode yang diambil dari blogspot (CNAME REcord) nya udah bener?

      Coba Hubungi CS nya langsung aja kang.. ^_^

      Delete
  4. mas, kalo beli domain aj di niagahoster tanpa hosting bisa gak untuk ganti blogspot ke .com???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di niagahoster, bisa ko beli domain tanpa hosting... ^_^

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya