hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara memotong-motong video dengan VideoPad

Berbicara mengenai editing video memang tidak pernah ada habisnya. Berbagai hal selalu bisa menjadi bahan untuk dibicarakan. Salah satunya adalah terkait bagaimana cara memotong-motong file video. Hal ini sangat bermanfaat jika kita sedang ingin membuat sebuah video menjadi lebih ringkas. Misalnya saja hanya ingin mengambil sebagian adegan dari sebuah film. Membuang beberapa bagian dari video pribadi yang kita miliki. Memotong adegan yang salah. Atau berbagai keperluan lain yang mungkin tidak saya sebutkan.

Memotong video yang pendek memang bukan sebuah masalah, karena beberapa aplikasi sederhana mungkin sudah cukup mampu untuk melakukannya. Namun, saat video tersebut video yang panjang sampai berjam-jam ataupun memiliki codex yang cukup kompleks sehingga tidak terbaca oleh aplikasi bersangkutan. Kita (saya) kerepotan.

Itulah yang saya rasakan ketika saya beberapa saat lalu ingin memotong video kualitas HD yang saya miliki. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk memotong-motong video serta mengedit file video yang saya miliki. Sebuah aplikasi ringan sekitar 5 MB, bernama VideoPad. Silahkan anda kunjungi : Aplikasi Videopad lebih baik dari Movie maker. 


Cara Memotong-motong (Cut) Video dengan VideoPad
Untuk memotong-motong file video di videopad, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memasukan video yang ingin kita potong kedalam aplikasi tersebut. Bisa dengan seret maupun melalui menu insert media kemudian menyeret ke jendela pengeditan dibawah. Setelah itu pilih bagian yang ingin kita potong dengan klik pada waktu (Time di Video) yang bersangkutan, kemudian klik split di bawah preview video (kotak merah).



Semakin banyak Split semakin baik. Dengan melakukan Split kita membuat video tersebut seolah menjadi beberapa video yang disambung-sambungkan. Silahkan saja klik bagian yang ingin dibuang, lalu klik delete. 


Menyimpan Hasil Kerja
JIka anda sudah memotong-motong (cut) video sesuai dengan yang anda inginkan serta sesuai dengan keinginan anda saat video di play (preview). Maka langkah berikutnya anda cukup menyimpan video yang anda buat dengan klik Eport Video di pojok kanan atas.

Jika anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan berkunjung ke situs resmi videopad atau anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang videopad dan movie maker.

Baca Juga :

5 Responses to "Cara memotong-motong video dengan VideoPad"

  1. Terima kasih info nya.....
    Sangat membantu mengatasi masalah....

    ReplyDelete
  2. Ternyata simple yah memotong video dari video pad... Sy basanya untuk editing video pake ulead... soalnya udah komplit... Trims infonya :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. saya bingung dengan menyimpan hasil vidionya yang suda kita edit.cara menyimpan di file hardisnya belum bisa .mohon babtuanyaa.....di tutorialnya.....mkasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh.. Perasaan gampang kang. Suatu saat deh, nanti saya bikin artikelnya... ^_^

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya