hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara baru (2016) mengganti domain blogspot.co.id menjadi domain com

Memiliki domain TLD seperti halnya domain com merupakan salah satu hal yang di impikan oleh para blogger. Beberapa orang bisa dengan mudah melakukannya, sementara beberapa orang yang lain mengalami berbagai kendala dengan alasannya masing-masing. Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan domain gratisan yaitu blogspot.co.id (blogspot.com) sejak beberapa tahun yang lalu, dan sejak tahun-tahun itu pula lah saya sangat ingin mengubah URL blogspot.co.id saya menjadi com. Namun saat-saat itu saya berpikir, jika saya mengubah domain blogspot.co.id saya menjadi domain berbayar sekelas com apakah saya mampu membayar biayanya setiap tahun (niat ngeblog saat itu cuma menulis). Sampai akhirnya, pada awal tahun 2015, resmi saya mematangkan niat untuk mengubah URL blogspot.com yang saya miliki menjadi com. Hal ini saya lakukan karena beberapa pertimbangan, seperti :
  1. Harapan untuk membuat blog pelajarterbaik menjadi tampak lebih profesional dan menjadi salah satu kiblat (semoga saja :p) bagi para netter yang ingin belajar blog.
  2. Harapan untuk membuat blog pelajarterbaik tetap ada untuk membagikan informasi kepada para pembaca dan pengguna internet yang membutuhkan informasi.
  3. Berjaga-jaga jika terjadi kesalahan teknis atau sejenisnya yang membuat blog pelajarterbaik dihapus google. Karena dengan mengganti Domain menjadi TLD, kelak jika terjadi sesuatu (misal hosting blogspot terhapus), kita bisa memindahkan data dan lokasi hosting (misalnya ke wordpress), sehingga lalu lintas blog dari mesin pencari bisa tetap dipertahankan.
  4. Masalah biaya, biarkan penghasilan dari situs adfly yang mengurusnya. Penghasilan yang diperoleh dari situs adfly pertahun sudah lebih dari cukup untuk membayar biaya kepemilikan domain TLD di tahun tersebut. Baca : Cara Mendaftar di situs Adfly
Untuk memiliki sebuah domain TLD (com net org dan lain-lain), sebenarnya langkah-langkah yang harus anda lakukan cukuplah sederhana, yaitu mengisi formulir pembelian domain, melakukan pembayaran, serta mengatur setting di blog yang anda miliki. Jika pengunjung blog anda umumnya adalah orang indonesia, maka saya sarankan anda bekerjasama dengan salah satu situs penyedia domain di indonesia yaitu idwebhost. karena saya sendiri menggunakan idwebhost setelah memikirkan berbagai pertimbangan-pertimbangan.

Setelah anda membeli domain dan melakukan pembayaran serta sudah berada pada status approve yang berarti pembayaran anda telah diterima. Maka domain yang anda daftarkan telah resmi menjadi milik anda, sehingga langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan-pengaturan agar blog kita di redirect atau dialihkan menjadi domain TLD tersebut.

Untuk mengganti domain blogspot.co.id menjadi domain TLD, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah mengunjungi pengaturan blogspot anda untuk memperoleh jalur pengalihan, memasukkan kode-kode pengalihan tersebut di idwebhost agar domain idwebhost bisa membuka jalan masuk, kemudian kembali lagi ke pengaturan blogspot anda setelah jalur telah siap. Berikut adalah langkah-langkah detail untuk mengganti domain blogspot.co.id ke domain TLD di indowebhost.

Masuk Ke pengaturan Blogspot
Masuk ke pengaturan blogspot yang anda miliki lalu klik menu setelan dasar. Lalu pada penerbitan klik siapkan URL pihak ke tiga, masukan domain TLD anda dan klik simpan. Perhatikan gambar Berikut :



Setelah anda klik simpan, maka anda akan menjumpai kode kesalahan. Hal ini wajar, karena domain dari pihak ketiga belum membuka jalur untuk bisa blog kita lewati. Hal yang harus kita lakukan adalah memasukkan kode kode kesalahan tersebut (yang dikotak CNAME) ke pengaturan domain TLD yang kita miliki di Id webhost




Melakukan Pengaturan Di Penyedia Domain Idwebhost
Hal-hal yang harus anda setting disini adalah nameserver, DNS serta kode Cname yang telah anda peroleh dari blog yang ingin menggunakan domain TLD tersebut. Jika anda mencari di internet, tutorial-tutorial yang ada di blog-blog pada umumnya ketinggalan jaman, karena tampilan Idwebhost pada februari 2015 mengalami cukup banyak perubahan. Saya sendiri mengalami kesulitan ketika mencoba melakukan pengaturan di idwebhost, karena saya tidak menemukan kolom untuk memasukan setting DNS, sehingga mau tidak mau saya menghubungi custemer service situs idwebhost (chat pojok kanan atas).


Berkat Bantuan dari CS Idwebhost tersebut, saya memperoleh bantuan bagaimana melakukan pengaturan pada situs mereka, yaitu sebuah URL tentang panduan detail mengganti domain blogspot ke Domain TLD yang anda bisa kunjungi disini.


Kembali Ke Menu Setelan Dasar Blogspot
Setelah selesai melakukan pengaturan di idwebhost, saya disarankan untuk menunggu 7 hingga 8 jam sebelum melaksanakan tahap ini. Namun, karena saya cukup bandel, maka setelah kurang lebih 1,5 jam saya mencoba apakah jalur di idwebhost tersebut telah siap dan bisa saya gunakan. dan ternyata, tahap terakhir tersebut berhasil. lama waktu 7 hingga 8 jam tersebut hanyalah sekedar saran. Inilah gambaran tahap akhir di menu setelan dasar blogspot. Sama saja seperti Tahap Pertama :



Jika jalur dari idwebhost telah siap, maka ketika anda klik save, kode kesalahan seperti CNAME yang ada pada tahap pertama tidak akan muncul.

Nah, kurang lebih begitulah tiga tahapan standar yang harus kita lakukan jika kita ingin mengganti atau mengubah URL blogspot.co.id yang blog kita miliki menjadi com. untuk pengguna wordpress cara yang diperlukan akan sedikit berbeda. namun kurang lebih dengan tahap yang kuranglebih seperti di atas.

Domain Gratis
Selain menggunakan domain berbayar seperti yang akan saya ungkapkan di bawah ini. Ada juga cara-cara khusus menggunakan layanan dari situs-situs tertentu yang menyediakan domain gratis. sehingga kita bisa dengan mudah mengganti domain blogspot.co.id menjadi domain lain tanpa harus mengeluarkan biaya. Hal ini pernah saya lakukan, dan terus terang bagi saya itu merupakan pengalaman yang pahit karena ternyata menggunakan domain gratis tersebut memiliki cukup banyak kerugian.

Salah satu hal yang paling menyakitkan (merugikan) dari menggunakan domain gratisan adalah setelah kita berhasil menggunakan domain gratis tersebut dan memiliki jumlah pengunjung yang melimpah baik dari pembaca tetap maupun mesin pencari. Suatu saat kita bisa kehilangan pengunjung-pengunjung tersebut begitu saja. Hal itu terjadi karena biasanya kita tidak bisa lagi menggunakan domain tersebut, karena penyedia domain tersebut tidak memberikan ijin kepada kita untuk memperpanjangnya.

Kerugian yang lain adalah banyak link rusak di blog yang kita miliki. Hal ini terjadi, karena kita tentunya sering memberikan link-link pada artikel kita ke artikel lain dari blog yang kita miliki. Sehingga link di artikel tersebut tentu akan rusak dan mengarah ke lokasi yang salah saat domain gratis tersebut tidak bisa lagi kita gunakan. Hal ini tentu akan sangat merepotkan, karena akan mengambil waktu dan tenaga yang banyak untuk memperbaiki link-link tersebut.

Tambahan :
setelah anda mengubah URL blogspot.com anda menjadi com atau domain TLD lainnya. Jika anda cukup jeli, maka anda akan menemukan masalah (perbedaan) saat mengetik di kotak URL antara domainanda.com dan www.domainanda.com, karena biasanya mengetik tanpa www akan menimbulkan pesan error. Untuk mengatasinya silahkan kunjungi artikel saya berikut ini : Mengatasi Error 404

Selain itu, anda juga harus melakukan beberapa hal setelah mengganti domain blogspot anda menjadi TLD. Salah satunya adalah rajin-rajin mengupdate artikel, karena untuk beberapa saat trafik blog kita akan menurun. Nah, fungsi update artikel tersebut salah satunya adalah mempersingkat arti dari "beberapa saat" tersebut. Untuk hal-hal lain yang perlu anda lakukan, anda bisa mencoba mengunjungi halaman ini.


182 Responses to "Cara baru (2016) mengganti domain blogspot.co.id menjadi domain com"

  1. sip mas, sangat jelas informasinya, cuma untuk saat ini saya menggunakan wordpress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... terima kasih kang sudah berkunjung di blog saya yang masih pemula ini :)

      Delete
    2. Sangat berguna sekali gan. Makasih gan sambil berkunjung ke blog ane yaa... Salam pemula hehe

      Delete
    3. panduannya sangat lengkap, bisa mempermudah bagi para blogger newbie

      Delete
  2. ane coba gan, mudah2an ada rejeki ane disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang... Silahkan di coba aja... :)
      Semoga sukses kang

      Delete
  3. ane dulu juga gitu gan, custom domain dari blogspot ke dot com, sangat pusing untuk setting dns nya hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbayar gk ya gan. maaf ane newbie

      Delete
    2. klo ini enggak berbayar gan... karna trik ini hanya mengubah domainnya saja... !

      Delete
    3. Terimakasih infonya walaupun saya masih bingunh. Hehehe....

      Delete
  4. mas..saya sdh nyampe MASUKKAN CNAME YANG DI DAPAT DARI BLOGSPOT PADA KOLOM “CNAME” tapi kok ngga bisa2 nih..tampilanya kok beda ngga form untuk ganti cname nya cuma ada name server sama alamat IP saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak Chat dong CS idwebhost nya.. dulu juga saya gak ada kolom pengisian dns... terus chat ke admin, baru deh dibuka... ada tampilan dns.

      Delete
  5. Replies
    1. Ada... biasanya domain lain, selain com. cuma dipakai satu tahun umumnya sih.

      Kalau untuk blog jangka panjang, nongkrong di pencarian google. Mending pilih yang berbayar, karena lebih aman. atau tetep pakai blogspot, tapi kalau nanti blog dihapus sistem google, kita bakal nyesel.

      Delete
    2. Keren! Jadi pengen pindah ke dotcom juga :D

      Delete
  6. Berharap juga pakai domai com agar terlihat lebih profesional tapi masih dalam tahap belajar. Artikelnya sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  7. Ko Munculnya Pesan Error kaya gini:

    " Blog mungkin tidak dihosting di domain asal (misal: yourdomain.com). Tambahkan domain tingkat atas (www.yourdomain.com) atau subdomain (blog.yourdomain.com)."

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa itu? di blogspot atau di idwebhost?
      ikuti baik2 atuh step by stepnya.. di baca baik2

      Delete
  8. Mohon dibantu pak..
    Saya membeli domain dari sebuah web penyedia domain...
    Tapi setting yang saya terima hanya
    Nama server:
    Nama server:
    Nama server:
    Nama server:
    Sebanyak 4 kali. bagaimana saya menghubungakan domain tersebut ke blogger..
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara nya sama seperti penjelasan saya di artikel di atas kang. Hanya saja, pengaturan di idwebhost nya saja yang beda sesuaikan dengan penyedia domain yang akang gunakan.

      Coba saja cari tutorialnya di mesin pencari, pasti sudah pernah ada yang makai seperti yang akang pakai. kalau tidak ada, minta bantuan saja ke CS penyedia domain yang akang gunakan.

      Delete
  9. Wah Kerren ni Mas Artikelnya, ampe merem melik bacanya Hehhe...

    Kunjngi balik yo mas http://anwarcss92.blogspot.com

    sukse selalu

    ReplyDelete
  10. mantab buat newbie kayak saya..

    ReplyDelete
  11. mau tanya bro, kalo uda setahun diubah menjadi blablabla.com,,trus g mau perpanjang lagi nih,,itu bakalan balik ke blablabla.blogspot.com gak?atau gmn?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat Bisa sekali kang. Kalau gak diperpanjang ya kita bisa ganti ke blogspot lagi. belum setahun juga, misal masih belum setahun juga kalau mau ke blogspot lagi mah bisa.

      Delete
  12. Terima kasih panduannya Pak,
    Setelah 3 tahun lebih ngeblog dengan blogspot akhirnya semalam saya ganti domain berbayar.

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. ada kang... cari aja. coba searching trik triknya di mesin pencari... sekalian kekurangan dan kelebihan menggunakan domain gratis .. ^_^

      Delete
  14. Wah, tulisannya sangat bermanfaat mas. saya pengguna blogspot.com dan berencana untuk ubah domai ke .com
    setelah domain saya berubah, apakah utk log in tetap melalui blogger.com ?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang... semua aktivitas masih sama menggunakan blogger. Hanya berubah alamat URL saja.

      Delete
    2. kalau tampilan yang biasa di blogspot com apakah berubah setelah domain menjadi mydomain com?
      mohon pencerahan...

      Delete
    3. Semua tampilan diblogger tetap sama ko kang. Kita tetap menulis diblogger (bukan di blogspot), setelah kita mengganti domain.

      Delete
    4. ok kang mas, terima kasih pencerahannya
      langsung tak eksekusi domain nya jd .com

      Delete
  15. Mau nanya om, kalo yang ini bisa dibilang cuma ganti domain (nama blog ato web) kan ??
    jadi kita login, posting, edit template semua masih via blogger kan ?
    nah untuk nama domain tersebut, apa kalau blogger kita di suspend, otomatis yg mengarah ke domain kita bakal 404, ato gimana ?

    terima kasih atas jawabannya, saya hanya ingin masti'in sebelum beli domain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang... semua aktivitas masih sama menggunakan blogger. Hanya berubah alamat URL saja/

      kalau blogger di suspend kemungkinan ketika mengetik alamat URL hanya akan menampilkan halaman kosong atau gagal loading (tapi entah saya kurang yakin tampilan seperti apa yang muncul).

      Intinya URL tersebut masih bisa diakses dan bisa tetap digunakan kembali masih dengan URL yang sama, cukup dengan memperbaiki sumber asal (blogger) atau berganti ke sumber lain misal wordpress.

      Delete
    2. bagus kg, wah ini perlu share2 nih,.. ane baru kg pos aja baru segelintir, mohpn bimbingannya kg,...
      salam,...

      Delete
  16. gan.. ane masih bingung.. klo cuma ganti url doang brarti domainnya selamanya gratis, atau gimana gan... ????????

    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang dijelaskan di dalam artikel... Domain itu ada yang gratis, ada juga yang berbayar... dan seperti segala sesuatu di dunia ini, umumnya yang berbayar memiliki kualitas yang lebih baik dari yang gratis.

      Delete
  17. Saya baru ngeuh kenapa tautan ke situs saya di webmaster cuma 1 postingan saja (pantes cuma 1 postingan ini penyumbang terbesar query)...ternyata karena nama blog di webmaster cdinteraktifpembahasansoalsnmptn.blogspot.com belum dirubah menjadi www.bimbelonlineprivat.com
    mohon solusinya bagaimana agar tautan ke situs www.bimbelonlineprivat.com tidak hanya 1 postingan tadi.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah ganti domain, trafik akan sedikit menurun, tautan hilang, karena URL yang baru belum terindeks di webmaster. Jadi sebenarnya semua cuma masalah waktu.

      Masukin lagi aja URL yang baru di webmaster, peta situs dan lain-lain dimasukin lagi. Rajin-rajin bikin artikel agar URL yang baru lebih cepat terindeks

      Delete
  18. Sangat bermanfaat,
    tetapi saya belum mau beli domain. belum ada penghasilan hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kapan-kapan aja kang ganti nya... suatu saat setelah paham dunia blog ^_^

      Delete
  19. artikel nya sangat membantu saya banget gan terimakasih banget gan,saya tunggu artikel yang lebih keren lagi,,,kalau ada waktu luang kunjungi kami juga gan, www.hanny-poles.com

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat menginspirasi, semoga jaya terus pelajarterbaik.com

    ReplyDelete
  21. mau ganti domain berbayar tapi masih takut mas...blognya masih sedikit artikelnya..hehehe kunjungi balik ya mas...
    fisika-online1.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Blog saya tadinya http://fiqih-sholatblog.blogspot.com setelah tek hosting pake www.fiqihsholat.com url blog berubah jadi www.fiqihsholat.com.
    tapi waktu saya menghosting kemaren ga ada permintaan memasukan Cname dsb bang...... jadi langsung save otomatis gitu. apakah ini sdh berhasil?

    ReplyDelete
  23. Sangat membantu gan asli deh....(y)

    ReplyDelete
  24. bagus artikelnya gan,nambah wawasan.aku nyimak aja, blom terlalu paham otak atik blog,alias newbie

    ReplyDelete
  25. Mantap gan infonya jadi ada gambaran tentang perubahan domain...

    ReplyDelete
  26. Terima Kasih Infonya Gan.
    Sangat bermanfaat.
    Salam Pemula http//abdulsidik95.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. kang mau tanya. kalo setelah mempunyai TDL kdepannya, apakah bisa menghilangkan tanggal postingan pada permalink? (pengguna blogger). hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. permalink blogspot mah gak bisa dihilangkan kang... selain itu nama situsnya juga jadi ada www nya. kalau mau hilang sebaiknya coba pakai hosting sendiri saja.

      Delete
  28. pnya ane kok ga jdi ya om. ap krna liat tutorial yang lma ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak tahu kang. Coba aja ikutin baik-baik tutorial saya langkah demi langkah

      Delete
  29. Thanks kang. sangat membantu :) saya sedang tahap akhir untuk domain .com menunngu 7-8 jam dari sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip kang... setelah ganti domain jangan lupa rajin update artikel dan submit URL barunya ke webmaster. biar blognya cepet terindeks lagi.
      setelah ganti domain nanti bakal ada penurunan traffic untuk 1 hingga 5 minggu (kalau saya).

      Delete
  30. kebetulan lagi cari cara untuk mengubah domain blogger saya. :)
    terimakasih :) ditunggu info selanjutnya.
    kunjungi juga blog video motivasi saya
    http://govidio.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. Wahh mas terima kasih infonya
    Kunbal blog saya yang masih pemula
    http://www.newbie-set.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. mas mau nanya, klau pada blog saya ada adsense nya kemudian saya ubah domainnya menjadi .com ada efek pada adsense nya tidak ya. makasih untuk bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaruh kang. saya sendiri sih belum pernah mengalaminya, cuma saja dulu ada temen blogger yang mengeluhkan kalau iklan adsense tidak muncul setelah domain blogspotnya di ganti TLD. Sepertinya sih karena google mengganggap (mengira) kalau iklan adsense mereka di pasang di blog yang berbeda.

      Tapi saya sendiri tidak terlalu mengikuti, apakah setelah itu dia bisa memunculkan adsense nya lagi di blog TLD tersebut.

      Delete
  33. Pengalaman saya waktu mengalihkan dari blogspot ke domain pribadi dari idwebhost biar lbih cpt adalah ganti DNS di Idwebhost dgn DNS afraid. Ga ada 5 mnit aja bsa teralihkan dari blogspot ke domain pribadi.

    ReplyDelete
  34. sip mas, semoga blog saya bisa jadi domain .com hahaha
    http://preweddingmurahjateng.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. gan bagaimana kalau domain aq belum tersesedia setelah aku proses,, sory aq pemula he he he

    ReplyDelete
  36. Saya sudah daftar domain gratis kang, begitu saya setel ke blog saya malah gagal. katanya sekita 7-8jam tetapi tetap tidak tersimpan di blog saya. Masih tetap error. Mohon solusinya. terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu aja sehari dua hari... kalau gak bisa.. Coba dihubungi aja kang/teh, penyedia domainnya... Minta solusinya disana ^_^

      Delete
  37. Mantap kang, jangan lupa kunjungi blog ana ya kita saling bw , maklum ane newbie :D mikosmetik.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. okay kang bagus banget postinganya kata katanya bisaan euy ngarangkaina
    kang kapan bisa kerja sama gak kang admin saya anak @unikom semester 3 .kita ngobrol2 yuk kita bikin project atau apa gitu ngobrol2 sambil ngopi... siapa tahu menghasilkan sesuatu saya lagi cari parthner di dunia yg kayak akang ini kalau berminat contek saya ya kang @rizallokeh twitter,instagram,facebook, hatur nuhun kang punten ngarewong:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya sangat berterima kasih sekali kang atas apresiasi yang akang berikan kepada saya. Cuma sebenarnya saya sih masih termasuk newbi kang di dunia maya ini. ^_^

      Sekarang mah saya belum siap ikut kang. Mungkin nanti suatu saat.

      Delete
  39. kang, kalau link tautan bisa dirubah juga gk?
    setelah blog saya yang semula aaa blogspot com sudah berubah menjadi aaa com
    tapi di link yang sudah saya posting alamatnya masih aaa blogspot com/blablabla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link-link yang ada di artikel kita? bisa kang tinggal ubah-ubah aja satu-satu. Kalau kebetulan dalam satu artikel banyak link ya tinggal di editnya dalam mode penulisan HTML. Copi ke notepade terus gunain fitur semacam "ganti". Mengganti kata tertentu dengan kata lain yang kita mau.

      Saya juga banyak link di artikel saya, terus cuma saya ubah di beberapa artikel saja. Cape kalau semuanya diubah. :D

      Delete
  40. saya coba berhasil ,, terimakasih tips nya

    ReplyDelete
  41. kren om blog nya . tempat iklan jadi tulisan juga keren

    ReplyDelete
  42. blogspot.com sudah berubah menjadi blogspot.co.id , adakah cara merubahnya kembali menjadi blogspot.com? atau sekalian ganti domain menjadi .com? please saran. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya mah, mau blogspot.com atau blogspot.co.id gak masalah kang. Segala masalah yang akan di akibatan perubahan tersebut tentunya sudah dipikirkan masak-masak oleh google. Semnetara mungkin jadi berantakan dan merugikan banyak pihak. Tapi lama-lama juga normal.

      Kalau memang siap memakai domain yang berbayar, ya memakai domain .com pilihan yang baik. Lebih aman.

      Delete
  43. Kalo blogspot berubah domain dari com menjadi co.id, pengaruhnya apa gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih kalau saya ngelihatnya bukan sebuah masalah kang. Segala masalah yang ditimbulkan saat ini akibat berubahnya domain blogspot.com menjadi domain blogspot.co.id paling cuma masalah traffik blog, akibat mesin pencari yang masih menyesuaikan diri.

      Tapi efek paling nyata sih kemarin google adsense jadi gak bisa tampil di blog berdomain blogspot.co.id.

      Beberapa saat lalu malah blogspot.co.id ganti lagi menjadi blogspot.com, jadi lihat kedepan aja lah. Saya mah gak masalah mau blogspot.com atau blogspot.co.id ^_^

      Delete
  44. kang minta website domain gratis dong .... kirim ke email saya ya mfrizki99@gmail.com seterusnya saya berterima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  45. Thank s Gan. falid gag cara ini ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Valid banget mas... Sudah teruji ke berbagai sampel yang berbeda.

      Delete
  46. Keren mas, tambah pengalaman buat blogger baru seperti saya hehehe

    ReplyDelete
  47. Mas utk TLD dgn harga yang murah dimana ya ? bisa kasih saran ? silakan berkunjung https://marketplacebisnisafiliasi.blogspot.com Trima kasih Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ujung kan saya ada kink menuju artikel perbandingan harga domain dari berbagai penyedia domain indonesia kang

      Delete
  48. Mau tanya dong sbgai pemula pngn ngembangin blog dngn nambah lencana2 kyk IG, Twitter dan lain2 caranya gmn ya... Mksih sblmnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal cari kode HTML nya teh. Cari aja artikel yang ngebahas itu. mereka banyak ngasih macam-macam kode. Tinggal pilih aja mana yang cocok di template punya teteh.

      Cuma yang paling bagus mah, cari aja template yang kebetulan ada gadget sosmed tersebut

      Delete
  49. Wah Terimakasih. Artikel ini sangat membantu.

    ReplyDelete
  50. gan apakah membeli domain berbayar pengaturannya masih pake kode2an?

    saya agak pusing pake kode2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode promosi maksudnya?
      kalau maksudnya kode promosi, ya gak pakai kode juga gak papa. Saya juga pas beli gak pakai kode.

      Delete
  51. Replies
    1. Sama-sama teh. terima kasih Kembali ^_^

      Delete
  52. ane baru daftar domain tapi statusnya blum aktif kira2 berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya disuruh nunggu 8 jam. Tapi itu mah tergantung operator idwebhostnya nya aja. Jadi hubungi aja CS nya kalau ada kendala. :D

      Delete
  53. Thanks atas informasinya gan, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  54. mmm,, saya pemula ijin bookmarks om

    ReplyDelete
  55. Keren mas...
    Ini sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar!

    ReplyDelete
  56. saya mau tanya, apabila kita tidak memasang domain apakah kita juga dapat mendaftar ke google adsense.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja boleh kang. kita bisa mendaftar meskipun masih blogspot. coba aja akang baca Segala Hal tentang Google Adsense

      Delete
  57. makasih infonya bro, smoga nanti juga blogku bisa jadi dot com lah biar bisa diseriusin hehehe, mampir juga kapan" gan.

    ReplyDelete
  58. Mantap Mas Bro...
    Ini sangat bermanfaat sekali buat saya yang sedang belajar.

    ReplyDelete
  59. saya mau tanya agan2 kalau blogspot sudah menjadi dotcom update postingannya dari mana??maklum pemula yang ingin beralih ke dot com..trus kalau hosting yang ada 2GB 3 GB itu untuk apa gan??rekomendasi dari agan yang mana yg bagusnya di beli??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma ganti domain, ya kita nulisnya masih di blogger kang. blogger adalah hosting kita. kalau kita mau pakai hosting sendiri, ya tinggal beli. 2 atau 3 GB mah tergantung kebutuhan. Jumlah pengunjung perhari x bandwith rata2 tiap kunjungan x satu bulan.

      kalau pemula, mending beli domain aja. gak usah beli hosting.

      Delete
  60. Wah postingan ini sangat membantu saya dalam memilih antara domain gratis atau berbayat.

    --Sukses selalu
    Di tunggu kunjungan nya

    myanime-it.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  61. Makasih kang informasinya. sangat membantu :)

    ReplyDelete
  62. wah makasih informasinya mas, saya lagi pengen juga nih ganti .com setelah sekian lama blognya buat curhat aja pengen difokusin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau ada uang mah ganti aja teh... Kalau di itung2 mah cuma sekitar 400 perak perhari.... Penghasilan dari ngeblog mah pasti bisa lah lebih dari 400 perak mah. Lagian dipalak tukang parkir aja bayarnya lebih mahal dari itu. hahahaha

      Delete
  63. Wah sangat jelas sekali pembahasan nya .
    Keren mas

    ReplyDelete
  64. Penjelasannya sangat mudah dimengerti.. Ane juga pake IDwebhost dan alhamdulillah ga pernah nemuin kendala

    ReplyDelete
  65. pengen sih,, tapi masih newbie,, bisa di cek http://ornamentalfishlampung.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  66. mas saya mau tanya
    saya sudah berhasil beralih website dari blogspot ke [dot]com
    tetapi masalahnya ketika diakses melalui www[dot]namadomai[dot]com maupun melalui namadomain[dot]blogspot[dot]com yang muncul malah halaman kosong
    apakah kita perlu membuat halaman baru di penyedia hosting kita???

    mohon bantuannya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham kang masalahnya. Halaman baru itu maksudnya apa ya?

      Saya pikir sih, mungkin pengaturan di penyedia domain nya ada yang salah kang. Coba cek lagi aja. Jika masih kaya gitu, bisa hubungi CS penyedia domain tempat akang membeli dan minta bantuan disana... ^_^

      Delete
  67. Salam Kenal Semuanya,
    Mohon bantuannya karena saya masih belum paham tentang Domain/hosting.
    Apabila saya hanya menggunakan hosting dari blogger, dan cuma membeli domain saja. Apakah ada kerugian jika saya melakukan hal seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah kang. Pakai hosting blogger atau hosting sendiri. dua duanya punya kelebihan masing-masing...

      Delete
  68. Sangat bermanfaat, dan akan di coba

    ReplyDelete
  69. wah lengkap banget tutorialnya, pake gambar lagi..mantap!

    ReplyDelete
  70. Itu berarti kalau mau pakai yang gratisan mending tetap aja .blogspot.com (sekarang .co.id) ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.... kalau mau gratisan, mending biarin aja tetep blogspot.co.id :D

      Delete
  71. bermanfaat kalo blog ane udah banyak postingan mungkin mau lanjut ke .com/.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh kang... Semoga blog nya sukses... Banyak keunggulan nya pakai domain com.. :D

      Delete
  72. mas bro saya mau nanya,..saya buat blog terus saya alihkan ke domain sewaan, sudah bisa tapi di address barnya masi terlihat tahun dan bulan contoh :www.pelajarterbaik.com/2015/02 karna saya perhatikan punya teman tidak terlihat. gimana tu caranya?
    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih pakai hosting blogger.. emang tanggalnya gak bisa hilang kang. Tapi kalau pakai hosting sendiri, kita bisa milih mau menghilangkan atau tetep memasang tanggal itu..

      Delete
    2. Mksh kang artikelx sgt mmbntu
      Sukses sll..

      Delete
  73. Trima kasih kang, Artikelx sngt mmbntu..
    Mga sukses sllu...
    Apapun alamat web kita, mga artikel2 yg di publish selain utk mncari penghasilan juga untuk mengembangkan edukasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kang... Apapun karya yang kita buat di dunia maya ini... Yang terpenting... Usahakan agar bermanfaat bagi orang lain. Bukan malah mengajak atau menginspirasi orang lain berbuat hal yang salah. ^_^

      Delete
  74. ane sudah coba sesuai yang ada di member area masih belm bisa yah...ada error 32

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa aja kang baik-baik. barangkali ada yang salah dalam pengisian nya... kalau udah bener, dan masih error... Jangan ragu hubungi dan tanyakan ke CS iDwebhostnya..

      Delete
  75. Ingin juga rasanya pindah ke .com tapi belum paham benar.... ditunjang ga terlalu paham tentang blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau belum paham blog dan lain-lain... memang sebaiknya jangan diganti ke com.. pelajari dulu aja baik-baik, untung dan ruginya punya blog dot com. kalau emang gak penting2 banget punya blog dot com, blogspot juga sudah cukup. Saya juga blog blog yang lain masih banyak yang blogspot.

      Delete
  76. Waah,,, Makasih infonya Gan. Masih ngumpulin budgetnya :D

    ReplyDelete
  77. Kalau blogspot.co.id sdh diubah ke domain dotcom, apakah blog lama bisa dihapus? Kalau mau menulis artikel kita masuk ke blogspot atau masuk ke domain kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngerubah nama domain doang mah semuanya tetep sama aja kaya ngeblog pakai blogspot kang. semuanya sama. beda nya cuma alamat blog kitanya aja jadi beda nama, gaka ada embel-embel blogspot.co.id nya lagi.

      Delete
  78. Ask gan...
    Setelah beralih ke domain. Com

    Apa blogspot. Com masih tetap bisa diakses?

    Thanks

    ReplyDelete
  79. cara mengganti blogspot.sg ke blogspot.com gimana atau .co.id? thz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogspot itu, dibelakangnya beda-beda, sesuai dengan IP adress negara mana yang membukanya. Kalau blogspot di buka dari indonesia, pasti belakangnya .co.id kalau dibuka di negara lain, beda lagi. Itu gak masalah ko. Saya pikir gak terlalu penting diubah atau tidak.
      Tapi kalau mau maksa diubah menjadi .blogspot.com, setahu saya kita bisa nambahin script nya ke Template. Coba aja searching. saya belum pernah pakai script itu soalnya.. ^_^

      Delete
  80. Saya mau tanya, kalau sudah ganti domain untuk mengedit isinya melalui domain tersebut atau masih tetap melalui blogger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tetp di blogger kang.. semuanya masih tetep sama aja... cuma blog kita jadi beda nama aja. gak ada embel-embel blogspot nya

      Delete
  81. tararengkyu mas bro, sangat membantu ane yang masih tahap belajar

    ReplyDelete
  82. apakah setelah mempunyai domain kita sendiri tidak mempengaruhi rank search google mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu aja ngaruh kang.. ganti domain itu kan posisi nya kurang lebih sama aja kayak blog baru. Trafik bakal turun beberapa minggu.

      Delete
  83. Mas maksudnya gimana ya dari co.id ke com itu mas soalnya di co.id jarang masuk mesin pencari google

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogspot.co.id itu sama aja posisinya dengan blogspot.com... Jadi, saya sih kurang setuju kalau akang bilang blogspot jarang masuk mesin pencari... ^_^

      Delete
  84. Berhasil...berhasillll...
    makasih
    ngebantu bangets :)

    ReplyDelete
  85. kang ini fungsi nya sama dengan pengalihan yang ada di cpanel domain kita aja ya?
    jadi kalau kita akses dengan domain_kita yang sudah di setting dgn step diatas, nanti yang di address bar nya tetep domain blogspot?
    visit baack ya, wkwk

    ReplyDelete
  86. Saya sampai bolak balik membaca artikel agar bisa memahaminya. Kesimpulannya, blog agan ini hanya ganti doamin saja, sedang hostingnya tetap blogger. Benarkah kesimpulan saya? Terus apabila kita ganti domain dan hosting sekalian, apakah dalam menulis di blog masih bisa pakai platform blogger? soalnya saya sudah sangat familier dengan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kang... panduan di atas memang hanya mengganti nama domain saja. Hostingnya masih menggunakan blogger. Kalau mau pakai hosting sendriri, sebaiknya belajar wordpress dulu kang... ^_^

      Delete
  87. Kang saya sudah membeli domain dan hostingnya, apakah bisah dipindahkan...? karena yang akang Mahfud jelasin adalah membeli domainnya saja, tapi tidak membeli hostingnya (karena hostingnya tetap menggunakan blogger)...makasih sebelumnya kang, artikelnya sangat membantu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang. artikel ini memang cuma menjelaskan penggantian domain saja. Jadi memang tidak perlu hosting. kalau akang mau pakai hosting sendiri, sebaiknya akang sudah agak terbiasa dengan wordpress.

      kalau masalah bisa dipindah. tentu saja bisa. Jika akang ingin berpindah dari blogspot (blogger) ke wordpress, kita bisa memindahkan seluruh artikelnya lewat fasilitas export/import.

      Delete
  88. Wow wow... disini pertanyaan 2 hari ini cari2 jawabannya. Artikel panduan ganti domain ini sudah saya cetak buat baca2 dan siap beli domain, cuma masih belum ngerti dampak setelah ganti domain nanti apa ?

    Salam kenal Gan, saya ini blogger baru seumur jagung, :) http://blogkopinet.blogspot.com/ (silakah hapus jika menyalahi TOS).

    Pertanyaan 1 saya : Setelah ganti domain apakah berdampak dengan fasilitas dari blogspot seperti laporan Masalah Keamanan pada webmaster, Google Analytics, serta property lainnya tetap terpasang ?

    Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bang..
      setelah ganti domain, nanti blog kita bakal turun kang traffiknya. seolah-olah blog baru, kita perlu setting ulang di webmaster, Google analitics dan lain2 agar blog kita terindeks mesin pencari. Setelah beberapa minggu (sekitar 4-8 minggu) baru deh blog kita bisa kayak semula bahkan lebih tinggi traffiknya. Tapi ya seperti yang diceritakan di artikel ini, sisi positifnya juga banyak.
      -
      Property-property kayak gitu kan kamu masangnya di template kan? ya gak bakal ilang kang, masih disitu. Cuma ya paling di webmaster, Analitics, alexa dll perlu di setting ulang.

      Delete
  89. Kurang Jelas, Karena Pas waktu aktif domain gw kok gk ada apa apanya....? kasih penjelasan dong!! Please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan lengkap nya (pengaturan idwebhost) kan ada di blog idwebhost. Kalau disana ada yang kurang paham tentang pengaturannya, saran saya sih tinggal hubungi CS nya aja.

      Delete
  90. apakah jika masih menggunakan blogspot , bisa dengan cara ini gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh... ini kan emang untuk blogspot kang

      Delete
  91. artikelnya bagus gan dan sangat membantu.....

    ReplyDelete
  92. kalo masa kontrak 1 tahun habis dan kita tdk memperpanjangnya, apakah akan kembali lg ke bligspot secara otomatis ato gmana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak diperpanjang, nanti gak bisa di akses kang. Untuk mengembalikan kembali ke blogspot ya harus di setting manual. Kita harus Hapus URL pengalihan yang kita buat di menu setting > Dasar. Seperti yang saya jelaskan pada artikel di atas.

      Delete
  93. kenapa judulnya gratis ? padahal bayar ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah.. siapa yang ngasih judul gratis... Coba deh lihat judulnya baik-baik... Perasaan aku gak bilang gratis... Hehe :D

      Delete
  94. Gan cara menghilangkan(bukan mengalihkan lo ya) www nya yg tampil dikotak bar gimana ya..contohnya di web agan ini kan masih ada www nya..terus kalo pengen ngilanginnya gimana ya supaya gk tampil www nya.. Thx :)

    Cinemaputar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, blog kita harus pakai hosting pribadi kang (self hosting). Kalau kita pakai wordpress, di menu General settings, pastikan URL blog kita memang gak ada www nya.
      Jadi, kalau masih pakai blogger, atau udah pakai wordpress tapi belum pakai hosting sendiri sih, www ini gak bisa ilang.

      Delete
  95. bagus gan informasinya
    oiya gan sekalian mau nanya, kalau kita sudah merubah domain kita dari hotspot menjadi com apakah semua link yang ada di artikel kita yang terdahulu otomatis berumah menjadi com atau kita update manual?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya link mah bakal tetep... Kalau mau akang ubah ya ubah manual. Kalau males ubah, ya udah we biarin aja

      Delete
  96. gan kalau udah beralih ke domain baru, apakah link tulisan yang pernah saya share (di medsos misalnya) itu kalau di klik akan langsung mengarah ke tulisan yang sama di domain yang baru? newbie gan, makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ko teh. Tenang aja. Jadi kalau misal di klik :
      abcd.blogspot.com/2015/02/as.html ataupun abcd.com/2015/02/as.html
      Halaman yang di tuju akan tetap halaman yang sama.

      Delete
    2. ooh gitu yaaa.. nuhun informasinya, sangat bermanfaat :)

      Delete
    3. waahh, sudah saya coba baru saja bang :)
      Infonya sangat membantu

      Delete
  97. Kalo blog udah berumur tahunan, terus diganti domain, semua index di google hilang ya?

    Jangan lupa mampir..
    Membuat Website Sendiri

    ReplyDelete
  98. Bagus kang ana mau nyoba daftar. Gak apa apa kan buat blog baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak papa kang. Justru bagus.
      Sebab kalau pakai blogspot dan blognya udah bagus. Rasanya berat kalau pengen ganti TLD. Soalnya trafiknya nanti agak ilang gitu. dan kaya ngebangun trafik dari awal lagi deh saat di ganti TLD.

      Delete
  99. artikel nya bagus sangat membantu sekali... kesalahan nya pada judul nya gratis sedangkan isi pada blog membayar, beberapa pengujung merasa dibohongi... sebaik nya judul nya jgn di buat gratis.. saran saya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kang untuk apresiasinya. Tapi Maaf sebelumnya kang. Bukankah judul artikel di halaman ini gak ada sama sekali kata "gratis" ?

      Delete
  100. makasih gan tutorial nya, kalo domain itu sewa apa beli gan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa teh. Soalnya kan domain itu kita pakai dengan kontrak sekian tahun. Jika masa kontrak akan habis dan kita masih mau pakai. ya kita harus memperpanjang (bayar lagi).

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya