hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara membeli domain dan hosting di Idwebhost

Sejak pertengahan februari di tahun 2015 yang lalu, saya mengganti domain blogspot yang saya miliki menjadi domain TLD (Top Level Domain) yaitu com. hal ini saya lakukan karena saya ingin blog ini menjadi sebuah blog yang memang eksis di dunia maya. Karena terus terang seperti yang pernah saya katakan, bahwa domain gratisan semacam blogspot cukup rentan untuk dihapus pihak google. nah, paling tidak, dengan menggunakan domain TLD, eksistensi blog ini bisa dipertahankan karena trafiknya tidak akan hilang seandainya Blog ini dihapus oleh blogspot.

Situs yang saya pilih untuk membeli domain TLD di indonesia adalah idwebhost. Situs ini saya pilih karena : 
  1. Situs ini memiliki layanan Customer Service yang bagus (sering online) sehingga jika kita menemukan masalah dalam pembelian domain atau hosting serta bagaimana mengaturnya, kita akan dengan mudah menemukan jawabannya melalui Customer Service.
  2. Biaya yang murah jika dibandingkan dengan situs yang lainnya. Coba saja anda perhatikan daftar harga domain di Idwebhost (di bawah)
  3. Biaya perpanjangan domain stabil tiap tahun. Hal ini berbeda untuk situs lain yang saya temukan karena sebagian besar biaya nya sedikit naik setiap tahunnya.
Cara Menghubungi Customer Service
Untuk menghubungi customer service, anda cukup klik live support Online (Silahkan Klik untuk chat) dipojok kanan atas, lalu masukan nama dan email anda. Mereka akan merespon dengan sangat baik.

Daftar Harga Domain di Idwebhost
Berikut adalah daftar harga domain di situs idwebhost yang saya ambil pada februari tahun 2015. Domain paling murah adalah web.id yaitu Rp. 55.000,- sedangan domain .com memiliki harga Rp. 95.000,- Jika ingin menengok harga terbaru saat ini, kunjungi saja URL Berikut ini : Daftar Harga Domain

Daftar Harga Domain di Idwebhost
Daftar Harga Domain di Id webhost

Daftar Harga Hosting di Idwebhost
Ada beberapa jenis hosting yang dimiliki idwebhost. Dimulai dari hosting personal dengan harga 1ribu perbulan bahkan sampai hosting idsupercorporate dengan harga 690ribu perbulan. Berikut ini adalah screenshot harga hosting di idwebhost yang diambil pada 10 Juni lalu.

Daftar Harga Hosting di Id webhost
Daftar Harga Hosting di Id webhost


Cara Membeli Domain di Idwebhost
Pada dasarnya langkah-langkah untuk melakukan pembelian di idwebhost ini adalah anda mengisi form pendaftara di situs idwebhost, melakukan pembayaran melalui Bank ataupun paypal, kemudian langkah terakhir adalah konfirmasi pembayaran ke pihak idwebhost. Sisa nya adalah melakukan pengaturan-pengaturan di situs anda.

Nah, jika anda ingin membeli domain dari idwebhost anda akan mendapati bahwa tampilan situs ini mengalami perubahan yang cukup signifikan di tahun 2015. Berikut adalah beberapa langkah detail bagaimana membeli domain di idwebhost :

Kunjungi situs id webhost di halaman berikut ini : Beli domain dan hosting idwebhost ketikan nama domain yang ingin anda gunakan. Jika domain tidak tersedia, pilihlah nama domain yang lain. Jika sudah tersedia, Klik beli domain saja

Domain Tersedia

Setelah anda klik maka anda akan di bawa ke halaman berikut :


Nah, seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa harga setiap tahun untuk domain di idwebhost hampir sama, kurang lebih bisa terlihat dari gambar dibawah ini. Domain di tempat lain, meskipun harga di tahun pertama masih sekitar 100ribuan, tapi harga untuk 2 tahun sudah mencpai 200 ribu dan 3 tahun sudah lebih dari 300ribu bahkan ada yang mencapai 400ribuan. tentukan berapa tahun anda ingin mengontrak domain tersebut lalu klik order sekarang. (masa kontrak sebenarnya bisa diperpanjang dengan harga yang sama jika anda memiliki dana tahunan terbatas)



Setelah anda klik order, maka anda akan menjumpai tampilan berikut ini :
Jika anda mau mengatur DNS managemen serta proteksi ID silahkan beri centang. Tapi jika tidak mau maka biarkan saja. Name server biarkan saja seperti itu, atau jika anda memiliki server sendiri, maka anda bisa menggantinya dengan server yang anda miliki. Lalu klik lanjutkan.


Setelah mengatur server maka anda akan menjumpai kolom pendftaran (data diri) tampak sebagai berikut : Isikan data diri anda, atau jika anda sudah memiliki akun idwebhost anda cukup log in (klik sudah menjadi mitra). Kode Promosi idwebhost anda kosongkan saja. Tapi jika anda memiliki kode promosi idwebhost, maka silahkan anda isi. Jangan lupa centang persetujuan lalu klik selesaikan pendaftaran.


Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman faktur, yang menandakan bahwa proses pembelian telah selesai dilakukan. Setelah itu silahkan cek email anda yang anda gunakan untuk mendaftar di idwebhost pada langkah di atas. Di sana akan anda peroleh informasi bagaimana cara melakukan pembayaran. Nomor rekening, biaya yang harus anda kirimkan ke salah satu rekening tersebut. serta bagaimana cara melakukan konfirmasi pembayaran.

Melakukan Pembayaran
Pembayaran bisa dilakukan menggunakan paypal maupun melalui bank lokal. Bisa melalui mesin ATM jika anda memiliki rekening (ATM), maupun datang ke Bank lokal yang dekat dengan anda tinggal, jika anda tidak memiliki rekening. Anda cukup datang ke bank kemudian mengirimkan uang ke nomor rekening yang di berikan idwebhost di email. Saya sendiri lebih biasa menggunkan bank lokal. mengirim uang lewat ATM ke salah satu nomor rekening yang dikirimkan idwebhost terasa paling praktis bagi saya.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar proses konfirmasi pembayaran kita menjadi lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan kode berita saat pengiriman di ATM (kode diperoleh dari email) dan nominal yang dikirmkan, misalnya saya seharusnya membayar Rp. 95.000,- maka saya membayar Rp. 95.011,- nah, angka unik di belakang serta kode berita tersebut membantu pengecekan pengiriman menjadi lebih mudah.

Melakukan Konfirmasi Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran, kita bisa melakukan konfirmasi dengan berbagai cara, yaitu melalui web idwebhost di alamat konfirmasi pembayaran atau melalui SMS (nomor Ada di Email). Berikut adalah tampilan konfirmasi pembayaran .

Konfirmasi Pembayaran idwebhost
Jika anda ingin melakukan konfirmasi pembayarn melaului SMS, Pastikan Point-point yang ada pada gambar di atas tertera di SMS anda.


Pengalaman Proses Pembelian
Saya membeli domain  di idwebhost untuk satu tahun, dengan melakukan pengisian formulir pukul empat pagi, lalu membayar via ATM pada pukul 8.10 WIB, serta konfirmasi pembayaran via SMS pukul 8.25 WIB. Kurang dari 20 menit saya sudah menerima Pesan bahwa Status pembelian saya sudah di approve, yang artinya domain tersebut resmi saya miliki. Sehingga langkah berikutnya yang saya lakukan adalah melakukan setting di blog yang miliki


35 Responses to "Cara membeli domain dan hosting di Idwebhost"

  1. Ntar ah..kapan kapan mau beralih ke TDL.kira kira ada masalah gak gan selama memakai server idwebhost..? Biasanya klo harga murah gitu dikit'' ada gangguan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama saya menggunakan idwebhost bagus ko bang.... Belum ada masalah sampai saat ini sih..

      Delete
  2. udh beli, cma msih belum ngerti cara men-set up ke blog gmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh ya? wah.... saya baru aja selesai ngetik tutorial kelanjutannya tuh,.. silahkan saja di cek, semoga membantu...

      Delete
  3. kebetulan domain dan hosting ane juga beli di idwebhot gan. Sebenarnya bagus sih idwebhost, tapi sayang server nya lambat banget. Blog ane sebenarnya sangat ringan theme nya, tapi karena server nya lambat, jadi nya loading blog menjadi berat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.... saya baru tahu kalau servernya lambat di banding yang lain.. thema, dan desainnya (blog akang) perasaan mirip blog-blog nya mba ririn ya.. :)

      Delete
    2. kalau cepat atau lambat kayaknya harus dibandingkan dengan penjual domain dan hosting yang lain ya gan...kalau themanya kecil tapi lambat juga, kayaknya bandwidth juga harus menjadi pertimbangan juga tu gan...salam kenal

      Delete
  4. Kalau ingin ganti domain apa harus beli hosting juga ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ko... boleh beli domain aja...

      Delete
    2. gan name server itu di isi apanya ?

      Delete
  5. saya mau cari domain ....... dot no
    bagaimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal pesen bang. cara mah sama aja

      Delete
  6. Gan sya mau nanya..kalo masih make blogspot kan pas di seacrh d gogle susah nemunya kan..nah apakah kalo udh punya domain .com pas di search di google kemungkinan muncul situs blog saya 60% atau gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai blogspot gak susah ko kang d search. Mungkin belum terindeks aja sama pesin pencari, atau mungkin akang belum bener bikin artikelnya.
      Sudah submit sitemap ke webmaster?

      Setelah ganti domain jadi TLD, kita memang sedikit lebih baik kang dimata mesin pencari. Tapi gak terlalu signifikan. jadi kata saya sih Lebih ke kualitas artikel lah yang paling menentukan.

      Delete
  7. bang, kalau beli yang 90mb perbulan cepat habis tidak? trus kalau habis size dan bandwithnya, apa efeknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung jumlah data yang di akses pengunjung dalam sebulan, kang. Atau bahasa yang lebih sederhana, mungkin tergantung jumlah pengunjung dikali dengan jumlah data (KB atau MB) tiap kunjungan. kemudian di kali dengan 30 hari.

      Ketika bandwithnya habis, blog kita menjadi tidak bisa di akses kang. Ketika di akses akan muncul tulisan "bandwith limit exceeded". Sehingga kita harus menunggu awal bulan berikutnya agar blog bisa diakses. Karena setiap bulan kita punya jatah 90 MB.

      Delete
  8. Bang, saya sudah melakukan pembayaran via atm, tapi setelah saya mau melakukan konfirmasi pembayaran lewat idwebhost ternyata disitu ada pilihan ''pembayaran dari bank, trus disuruh milih, aku via bri ke bca tapi disitu adanya pilihan bca yogyakarta dan semarang, padahal aku kirimya lewat bri ke bca cabang purwokerto. akhirnya saya ngga jadi melakukan konfirmasi pembayaran via idwebhost, takut ada masalah, gimana bang solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Via SMS aja bang. kemarin sore saya juga baru perpanjang domain. Cukup ketika nama, nama domain yang dibeli, Bank (bank mereka), kemudian jumlah yang dikirim.

      Delete
    2. Terimakasih, akhirnya saya konfirmasi lewat SMS.

      Delete
  9. Salam....mau nanya klu udah ada domain idwebhost sebagai pemula kelolanya gimana mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian bawah artikel ini, ada bagian baca juga :
      Di bawahnya ada artikel-artikel yang terkait tentang idwebhost. Saya pikir, disana semuanya udah cukup jelas. Jadi, saya saranin sih, silahkan baca dulu artikel-artikel tersebut. terutama artikel tentang panduan mengganti blogspot ke com. hehe :D

      Delete
  10. wah ramai ni gan..numpang nimrung ah...sudah lama tak berkunjung ke UPI, rindu rasanya hati ini..alhamdulillah sedikit terobati oleh blog pelajar terbaik UPI ini...salam kenal semoga tambah sukses gan...kalau gak keberatan kunjungi juga uniksharianja.com ya gan atau islamme.net

    ReplyDelete
  11. di pembayaran itu, kan suruh cantumin nomor invoice di berita.
    nomor invoice itu yg mana ya? apa itu sama dengan nomor faktur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya lupa kang sama atau gak. kalau kata email yang akang terima gimana? tapi kalau bingung mah, nomor invoice di berita (pas transfer) gak di isi juga gak masalah. Saya juga kalau bayar di idwebhost, gak pernah ngisi itu kalau lagi transfer (lagi bayar).

      Delete
  12. bang katanya biaya di tanggung adfly... knp komen di atas pada bayar personal ,.. ??? perlu pencerahannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah.. ya emang bayar kang. kan saya bilangnya murah. bahkan penghasilan dari adfly sudah bisa ngebayarin biaya beli domain itu. kalau Baca yang detail lah, jangan nanggung-nanggung. ^_^

      Delete
  13. Berarti kalo masa kontrak domain itu habis, blog nya tidak bisa diakses atau bagaimana? terus bisa balik lagi ke blogspot.com atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kalau kontraknya habis nanti alamat itu (domainkamu.com) jadi gak bisa lagi di akses. Makanya, sebelum kontraknya habis, sebaiknya kita perpanjang dulu. Tapi kalau memang berencana untuk tidak diperpanjang lagi, ya kita bisa mengemablikannya lagi menjadi domainkamu.blogspot.com

      Delete
  14. Kalo perpanjangan kontrak harganya sama kaya pertama beli, atau naik ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli domain baru atau beli lama (memperpanjang) harga di idwebhost mah sama aja. Sebelum dolar naik, dulu beli domain baru atau memperpanjang harganya 99ribu. Sekarang dolar naik, beli baru atau memperpanjang, harganya 110ribu

      Delete
  15. Kang, kalo nomor faktur itu apa ya ? sama di isi apa ? :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor faktur itu ya kurang lebih mah kode/nomor transaksi. Sebagai pembeda dari transaksi yang lain. Kan setiap harinya, yang transaksi di idwebhost banyak. jadi biar mudah di arsipin aja. kalau bayar via ATM, pas diminta nomor berita. masukin aja nomor faktur ini.

      Delete
  16. mohon pencerahan dan bantuannya mas.,saya baru mulai nge blog 2 hari yang lalu.,gmn cara masuk goegle adsense?apakah harus beli domain dulu,.,mohon maaf masi newbi sekali.,.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak harus beli domain ko kang.. bisa pakai blogspot juga. Coba aja baca artikel : Segala Hal tentang Google Adsense di pelajarterbaik.com

      Delete

Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
Kebingungan..
Rasa terimakasih..
Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya