hit counter
ADFLY
ADFLY


Cara mengunci atau Memberi password pada Folder

Setiap orang pasti memiliki privasi dimana ada folder folder tertentu di dalam laptop atau komputernya tidak ingin dilihat oleh orang lain. Begitupun juga pada diri saya. Banyak foto-foto saya yang tidak berkerudung yang enggan untuk dilihat orang lain (#eh).

Saya sempat berpikir untuk mengunci laptop saat log in, agar tidak ada seorangpun yang membuka atau mengggunakan laptop saya. Namun kemudian, saya menyadari, bahwa mengunci PC secara keseluruhan saat log in terkadang terlalu berlebihan karena kita bisa di sangka terlalu pelit. Tidak jarang juga kita berada dalam posisi, kita memperbolehkan orang lain menggunakan PC yang kita miliki. Nah saat itulah mengunci password saat log in menjadi tampak tak berfungsi, karena orang yang kita beri kepercayaan tersebut bisa mengakses seluruh file apapun yang kita miliki.

Beberapa langkah awal yang saya gunakan untuk menjaga file-file pribadi yang saya letakan dalam sebuah folder khusus adalah dengan mengunci folder tersebut menggunakan aplikasi Fsecure. Sehingga orang-orang saya biarkan dengan leluasa menggunakan PC saya (saya tak memberi password log in), namun sama sekali tak saya biarkan membuka folder tersebut. Bahkan saya pun mengelabuinya dengan membuat seolah-olah folder tersebut kosong dan bukan sebuah folder yang berarti.

Aplikasi ini sangat bagus dan powerfull. Karena sayapun selalu mencari cara membobol folder tersebut dengan berbagai cara yang saya pikirkan. mengecek apakah folder tersebut benar-benar kosong dengan berbagai aplikasi, membongkar dengan aplikasi pembuka folder yang terkunci. Tapi semuanya nihil. Sehingga samapai saat ini (januari 2015), saya masih berpikir aplikasi Fsecure adalah aplikasi teraman untuk menyembunyikan file-file Pribadi.

Kelebihan Aplikasi Fsecure:
kelebihan dari aplikasi ini menurut saya adalah dengan ukuranya yang ringan kurang dari 1 MB. gratis tanpa berbayar dan bukan trial, serta mudah dan nyaman untuk menutup dan membuka password. semua cukup dilakukan dengan klik kanan. Folder juga bisa di hide sehingga hanya bisa di akses dengan membuka terlebih dahulu aplikasi Fsecure yang kita miliki.

Cara Menggunakan Aplikasi Fsecure
Pertama :
Download dulu aplikasinya Disini atau di Situs resminya, kemudian install di PC atau laptop anda
Buka aplikasi yang baru temen-temen instal kemudian tentukan master password sesuai keinginan temen-temen.

Kedua :
Mengunci Folder
Pergi ke folder yang ingin kita kunci, kemudian klik kanan pada folder tersebut dan pilih [lock/unlock] With secure folder


  1. Jika lancar, ini akan memunculkan kotak pilihan lock, hide dan encrypt, pilih saja mana yang ingin anda ceklist (boleh juga ketiganya). Kalau saya sendiri saya menggunakan ketiganya.
  2. Jika sudah klik lock untuk memulai. dan temen-temen tinggal tunggu saja proses berjalan. Berdasarkan pengalaman saya, lama tidaknya proses ini bergantung dari jumlah file yang berada di dalam folder (bukan berdasarkan ukuran Byte file tersebut). Jadi jika kita memiliki banyak file dan malas menunggu lama, bisa gabungkan jadi satu terlebih dahulu dengan winrar atau winzip.
  3. Jika gagal dengan klik kanan (Option lock tidak muncul), coba anda buka terlebih dahulu apliksi nya kemudian klik add dan cari lokasi folder yang ingin kita kunci.
  4. setelah proses selesai, maka folder yang bersangkutan akan berubah logo nya, berupa gambar folder dengan gembok. Jika temen-temen lebih suka logo folder biasa, maka tinggal rubah lagi saja lewat klik kanan di folder tersebut kemudian klik properti kemudian cari ubah ikon. Tapi jika tetap ingin membiarkan gambar folder bergembok, ya tidak papa. Hanya saja saya sih berpikir akan mencurigakan karena berbeda dengan folder-folder yang lain.
  5. Selamat folder anda telah berhasil dikunci

    Contoh Folder yang saya Sembunyikan
    Ini adalah contoh folder yang saya miliki di PC saya, yang saya sembunyikan menggunakan aplikasi secure folder ini.

    Folder pribad di kotak Merah
    Tampilan saat dibuka dengan cara biasa
    Di buka Melalui Aplikasi Fsecure
    Ketiga :
    Membuka Folder
    Untuk mebuka folder yang kita kunci, kurang lebih kita cukup melakukan hal yang sama. klik kanan pada folder yang sudah temen-temen kunci, kemudian klik  [lock/unlock] With secure folder, dan masukan password yang kita miliki.



    Jika pilihan [lock/unlock] With secure folder tidak muncul dengan klik kanan, anda bisa membuka terlebih dahulu aplikasi tersebut di daftar aplikasi terinstal yang anda miliki di PC.

    Nah, Demikian sedikit aplikasi pengunci folder yang biasa saya gunakan. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang memiliki fungsi yang sama. Jika aplikasi ini kurang cocok untuk anda, anda cukup pilih aplikasi yang lain.

    Memasukan Al quran di Office Word
    Screen Saver Unik (AIR)
    Daftar Artikel Blog

    4 Responses to "Cara mengunci atau Memberi password pada Folder"

    1. bagus ini sob buat ngamanin data

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kang..... bagus.....
        lama tidak nya proses penguncian bergantung banyaknya data file di dalam folder....
        Bukan bergantung berapa besar file di dalam folder.... :)

        Delete
    2. wah waktu ke bandung sempet numpang solat di mesjid UPI. nice blog :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah, ayu atuh kapan kapan ke bandung lagi kang.. :)

        Delete

    Sampaikan lah apa yang menjadi pikiranmu.
    Kebingungan..
    Rasa terimakasih..
    Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

    1. Baca lah
    2. Berkomentar lah dengan Sopan
    3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya